Pengaruh Daya Tarik Endorser Iklan Produk Mode Busana di Majalah Terhadap Body Dissatisfaction Pada Remaja Putri


Netti.Fitriana, , 1550407028 (2012) Pengaruh Daya Tarik Endorser Iklan Produk Mode Busana di Majalah Terhadap Body Dissatisfaction Pada Remaja Putri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Daya Tarik Endorser Iklan Produk Mode Busana di Majalah Terhadap Body Dissatisfaction Pada Remaja Putri] Microsoft Word (Pengaruh Daya Tarik Endorser Iklan Produk Mode Busana di Majalah Terhadap Body Dissatisfaction Pada Remaja Putri) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena yang terjadi pada remaja putri yang mengalami body dissatisfaction, dimana remaja putri tersebut mempunyai pikiran negatif dan rasa tidak puas terhadap bentuk, ukuran dan berat tubuhnya. Body dissatisfaction berdampak negatif bagi penderitanya, antara lain: perilaku diet yang tidak sehat, gangguan makan, operasi kosmetik dan rendahnya harga diri. Salah satu faktor penyebab body dissatisfaction adalah daya tarik endorser iklan produk mode busana dengan karakter tubuh kurus dan tinggi yang ditampilkan di majalah. Remaja putri yang tertarik pada bentuk tubuh endorser iklan tersebut, melakukan proses identifikasi dan membandingkan tubuh yang sesungguhnya dengan tubuh yang diidealkan, sehingga mereka rentan mengalami body dissatisfaction. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik endorser iklan produk mode busana di majalah terhadap body dissatisfaction pada remaja putri. Subjek pada peneltian ini berjumlah 100 subjek. Teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling. Body dissatisfaction diukur dengan skala body dissatisfaction. Skala body dissatisfaction terdiri dari 39 aitem valid. Aitem valid tersebut mempunyai p<0,05 yaitu rentang signifikasi 0,000 sampai dengan 0,001. Skala body dissatisfaction mempunyai koefisiensi reliabilitas sebesar 0,928. Skala daya tarik endorser iklan produk mode busana di majalah terdiri dari 33 aitem valid. Aitem yang valid tersebut mempunyai p<0,05 yaitu rentang signifikasi 0,000 sampai dengan 0,001. Skala daya tarik endorser iklan mempunyai koefisiensi reliabilitas sebesar 0,939. Uji korelasi menggunakan teknik korelasi product moment dan uji pengaruh digunakan analisis regresi mengunakan bantuan program SPSS 17 for windows. Hasil penelitian menunjukan variabel body dissatisfaction pada remaja putri tergolong tinggi. Demikian juga variabel daya tarik endorser iklan produk mode busana di majalah juga tergolong tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara body dissatisfaction dengan daya tarik endorser iklan produk mode busana di majalah dengan F sebesar 431.590 korelasi body dissatisfaction dengan daya tarik iklan endorser iklan produk di majalah diperolaeh koefisien r= 0,903 dengan signifikansi atau p=0,000. Dari hasil penelitian menunjukan pengaruh daya tarik endorser iklan produk iklan dimajalah terhadap body dissatisfaction dengan R Square sebesar 81,5% Hal tersebut menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara daya tarik iklan endorser iklan produk mode busana di majalah terhadap body dissatisfaction pada remaja putri di Universitas Negeri Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Endorser Iklan Produk Mode Busana,Body Dissatisfaction
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 00:52
Last Modified: 27 Aug 2012 00:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14307

Actions (login required)

View Item View Item