Pengaruh ROE, EPS, Nilai Tukar Rupiah dan Tingkat Suku Bunga BI (BI RATE) Terhadap Perubahan Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2008-2010.


Khaltun Muyasaroh, , 7250407103 (2012) Pengaruh ROE, EPS, Nilai Tukar Rupiah dan Tingkat Suku Bunga BI (BI RATE) Terhadap Perubahan Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2008-2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh ROE, EPS, Nilai Tukar Rupiah dan Tingkat Suku Bunga BI (BI RATE) Terhadap Perubahan Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2008-20] Microsoft Word (Pengaruh ROE, EPS, Nilai Tukar Rupiah dan Tingkat Suku Bunga BI (BI RATE) Terhadap Perubahan Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2008-20) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Harga saham adalah nilai suatu saham yang mencerminkan kekayaan perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut. Pemahaman akan harga saham dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahannya sangat penting karena dapat memberikan informasi bagi pemodal atau calon pemodal dalam melakukan investasi berupa saham. Seringkali ditemukannya perbedaan antara harga pasar dan harga wajar saham, menunjukkan bahwa harga suatu saham tidak hanya dipengaruhi oleh faktor fundamental internal perusahaan saja, melainkan juga faktor teknikal yang berasal dari luar perusahaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ROE, EPS, nilai tukar rupiah dan BI Rate mempengaruhi perubahan harga saham perusahaan manufaktur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh ROE, EPS, nilai tukar rupiah dan BI Rate terhadap perubahan harga saham perusahaan manufaktur. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2010 yang berjumlah 160 perusahaan. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dihasilkan sampel sebanyak 60 perusahaan. Data yang digunakan berupa data sekunder. Pengujian penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil pengujian regresi linear berganda menunjukkan secara simultan keempat variabel mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,008. Secara parsial ROE mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,087, EPS sebesar 0,001, nilai tukar rupiah sebesar 0,446, dan BI Rate sebesar 0,508. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil simpulan bahwa secara simultan ROE, EPS, nilai tukar rupiah dan BI Rate berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham perusahaan manufaktur. Secara parsial, hanya EPS yang terbukti berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham perusahaan manufaktur. Saran yang bisa diberikan adalah investor diharapkan benar-benar memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan harga saham sehingga tujuan investasinya benar-benar bisa terwujud. Bagi manajemen perusahaan diharapkan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan harga saham, sehingga tujuan perusahaan yang salah satunya adalah meningkatkan nilai perusahaan dengan indikator harga saham di mata investor dapat terwujud.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ROE, EPS, nilai tukar rupiah, BI Rate dan harga saham
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:32
Last Modified: 09 Jul 2012 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13210

Actions (login required)

View Item View Item