Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Gangguan Fungsi Paru pada Pekerja Bagian Pengamplasan Mebel PT Chia Jiann Jepara


Fitria Nurmaida Khoirunnisa, 6450407049 (2012) Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Gangguan Fungsi Paru pada Pekerja Bagian Pengamplasan Mebel PT Chia Jiann Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Gangguan Fungsi Paru pada Pekerja Bagian Pengamplasan Mebel PT Chia Jiann Jepara] Microsoft Word (Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Gangguan Fungsi Paru pada Pekerja Bagian Pengamplasan Mebel PT Chia Jiann Jepara) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah faktor apa sajakah yang berhubungan dengan gangguan fungsi paru pada pekerja bagian pengamplasan mebel PT Chia Jiann Jepara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa sajakah yang berhubungan dengan gangguan fungsi paru pada pekerja bagian pengamplasan mebel PT Chia Jiann Jepara. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja bagian pengamplasan mebel PT Chia Jiann Jepara. Sampel yang diambil adalah sebagian dari populasi berdasarkan kriteria yang ditentukan peneliti dan didapat 30 orang. Tehnik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran dan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji chi square dengan α=0,05). Berdasarkan uji chi square yang telah dilakukan, didapatkan bahwa variabel yang berhubungan secara statistik bermakna dengan gangguan fungsi paru adalah kadar debu (p value=0,008), pemakaian APD Masker (p value=0,004), dan tingkat kesegaran jasmani (p value=0,002). Variabel yang tidak berhubungan adalah status gizi (p value=0,427). Saran yang dapat diberikan untuk tenaga kerja PT Chia Jiaan Jepara adalah memiliki sikap yang tanggap dan mendukung dengan peraturan perusahaan sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit akibat kerja dan kecelakaan akibat kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gangguan Fungsi Paru, Pekerja Pengamplasan Mebel
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Jul 2012 02:47
Last Modified: 09 Jul 2012 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13208

Actions (login required)

View Item View Item