Pemanfaatan Kebun Wisata Pendidikan sebagai Sumber Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Menerapkan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS)


Indah Puspita.Sari,, 4401407061 (2012) Pemanfaatan Kebun Wisata Pendidikan sebagai Sumber Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Menerapkan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan Kebun Wisata Pendidikan sebagai Sumber Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Menerapkan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS)] Microsoft Word (Pemanfaatan Kebun Wisata Pendidikan sebagai Sumber Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Menerapkan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS)) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Pembelajaran klasifikasi makhluk hidup di SMP Teuku Umar Semarang menggunakan buku teks sebagai satu-satunya sumber belajar dan belum memanfaatkan lingkungan sekitar. Hal ini dikarenakan kondisi lingkungan sekolah yang tidak representatif sebagai sumber belajar dalam pembelajaran tersebut. Hasil belajar siswa relatif rendah dan keaktifan siswa masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup dengan memanfaatkan kebun wisata pendidikan sebagai sumber belajar dengan menerapkan pendekatan jelajah alam sekitar di SMP Teuku Umar Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental design dengan desain One Shoot Case Study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Teuku Umar tahun ajaran 2011/2012. Sampel yang digunakan adalah kelas VII.1 dan VII.3 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 74%-100% aktivitas belajar siswa tergolong dalam kriteria aktif dan sangat aktif pada tiga kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Seluruh siswa telah mencapai telah mencapai KKM dan 77% siswa hasil belajarnya optimal (nilai hasil belajar ≥80). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa pemanfaatan kebun wisata pendidikan Unnes sebagai sumber belajar materi klasifikasi makhluk hidup dengan pendekatan jelajah alam sekitar yang diterapkan dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMP Teuku Umar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebun wisata pendidikan, klasifikasi makhluk hidup, pendekatan jelajah alam sekitar (JAS).
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 07:03
Last Modified: 05 Jul 2012 07:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13064

Actions (login required)

View Item View Item