Penerapan Group Investigation dengan Model Make A Match pada Materi Ekosistem di SMP N 1 Sulang Kabupaten Rembang


Muhamad Syaiful.Amri, , 4401407021 (2012) Penerapan Group Investigation dengan Model Make A Match pada Materi Ekosistem di SMP N 1 Sulang Kabupaten Rembang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Group Investigation dengan Model Make A Match pada Materi Ekosistem di SMP N 1 Sulang Kabupaten Rembang]
Preview
PDF (Penerapan Group Investigation dengan Model Make A Match pada Materi Ekosistem di SMP N 1 Sulang Kabupaten Rembang) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di SMP N 1 Sulang Kabupaten Rembang pada semester genap tahun ajaran 2009/2010 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi ekosistem masih rendah. Pembelajaran lebih banyak menggunakan metode ceramah, padahal materi ekosistem bersifat kontekstual yang fakta serta fenomenanya dekat dengan lingkungan sekitar. Salah satu alternatif untuk mempermudah siswa memahami materi ekosistem yaitu melalui investigasi dan permainan dengan mengkaitkan lingkungan sekitar, sehingga diharapkan dapat membantu siswa untuk mengenal secara langsung kemudian memahaminya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Group Investigation dengan model Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII semester genap tahun ajaran 2010/2011 dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimen-Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian terdiri dari 6 kelas yaitu kelas VII A sampai VII F, adapun sampel yang digunakan adalah kelas VII B dan VII D. Data utama adalah hasil belajar siswa dengan data penunjang antara lain data aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengukuran N-gain, pada kelas eksperimen terdapat 22% siswa dengan kriteria tinggi, 58% dengan kriteria sedang, dan 20% dengan kriteria rendah. Sementara pada kelas kontrol terdapat 0% siswa dengan kriteria tinggi, 39% dengan kriteria sedang, dan 61% dengan kriteria rendah. Hasil uji t menunjukkan bahwa rata-rata post-test dan N-gain kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil rekapitulasi tingkat aktivitas siswa menunjukkan bahwa terdapat 80,56% siswa pada kelas eksperimen dan 59,72% siswa pada kelas kontrol dengan kriteria aktif dan sangat aktif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Group Investigation dan model Make A Match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP N 1 Sulang kabupaten Rembang pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Model Make A Match, Materi Ekosistem.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 01:11
Last Modified: 28 May 2012 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12476

Actions (login required)

View Item View Item