Pengaruh Pembelajaran Portofolio terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus tahun ajaran 2011/2012.


Dwi Setyo Adi Prabowo., 3101408045 (2012) Pengaruh Pembelajaran Portofolio terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus tahun ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pembelajaran Portofolio terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus tahun ajaran 2011/2012.]
Preview
PDF (Pengaruh Pembelajaran Portofolio terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus tahun ajaran 2011/2012.) - Published Version
Download (14kB) | Preview

Abstract

Terbatasnya strategi dalam pembelajaran yang ada di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus menyebabkan motivasi belajar sejarah siswa menjadi sangat rendah. Hal ini mengakibatkan adanya inovasi pembelajaran yang harus dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana aktivitas belajar siswa sebelum dan setelah adanya pembelajaran portofolio, (2) Bagaimana perkembangan motivasi belajar siswa setelah adanya pembelajaran portofolio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan memakai model pembelajaran berbasis portofolio dan pengaruh model pembelajaran berbasis portofolio terhadap motivasi belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Mejobo Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Adapun populasinya yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 1 serta kelas XI IPS 2, dan metode pengambilan sampel dengan purposive random sampling. Sumber data yang digunakan yakni informan guru sejarah, angket, foto/dokumentasi dan pustaka. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, analisa data dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji normalitas data, uji asumsi klasik dan uji regresi berganda yang terdiri data uji linieritas data (pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan), uji r2 (besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen), uji t (uji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar sejarah pada kelas XI IPS 1 mengalami peningkatan motivasi belajar sejarah sebelum menggunakan pembelajaran portofolio rata-rata nilai sejarah yang semula 6,84 dan setelah menggunakan pembelajaran portofolio rata-rata nilai sejarah mencapai 7,8. Sehingga rasio peningkatannya adalah 1,4%. Pada kelas XI IPS 2 juga mengalami peningkatan motivasi belajar sejarah sebelum menggunakan pembelajaan portofolio rata-rata nilai sejarah semula 7,5 dan setelah menggunakan pembelajaran portofolio rata-rata nilai sejarah mencapai 8,7. Sehingga rasio peningkatannya adalah 1,6%. Saran bagi guru sejarah hendaknya selalu memberikan inovasi pembelajaran sejarah yang menarik dan inovatif sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran portofolio, motivasi belajar sejarah.
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 May 2012 00:38
Last Modified: 23 May 2012 00:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12354

Actions (login required)

View Item View Item