Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif terhadap Prestasi Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Busana Butik di SMK Negeri 01 Kudus


Neila Shinta Fitria, 5401407002 (2012) Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif terhadap Prestasi Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Busana Butik di SMK Negeri 01 Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif terhadap Prestasi Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Busana Butik di  SMK Negeri 01 Kudus] Microsoft Word (Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif terhadap Prestasi Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Busana Butik di SMK Negeri 01 Kudus) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Keberhasilan siswa dalam pencapaian prestasi PRAKERIN dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah pembelajaran mata pelajaran produktif yaitu mata pelajaran yang diperoleh siswa sesuai dengan program keahlian yang dapat menjadi bekal siswa untuk bekerja. Pembelajaran mata pelajaran di sekolah telah diberikan secara optimal. Dapat diasumsikan bahwa pembelajaran mata pelajaran produktif dapat menentukan keberhasilan siswa dalam pencapaian prestasi praktik kerja industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran mata pelajaran produktif terhadap prestasi PRAKERIN pada siswa kelas XII program keahlian busana butik di SMK Negeri 01 Kudus. Populasi berjumlah 66 siswa dengan sampel sebanyak 33 siswa diambil dengan rumus Harry King. Metode pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Variabel penelitian ini adalah pembelajaran mata diklat produktif dan prestasi PRAKERIN siswa kelas XII program keahlian busana butik Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh pembelajaran mata pelajaran produktif pada penelitian ini adalah 75,80% dan pembelajaran mata diklat produktif yang telah didapat di sekolah adalah 83,96%, sedangkan prestasi PRAKERIN sebesar 82,48%. Hal ini menunjukkan pembelajaran mata diklat produktif efektif terhadap prestasi PRAKERIN pada siswa kelas XII program keahlian busana butik di SMK Negeri 01 Kudus. Berdasarkan hasil penelitian yang dihitung dengan uji analisis deskriptif presentase dapat disimpulkan: Tingkat efektivitas pembelajaran mata pelajaran produktif dalam kategori tinggi dan pembelajaran mata diklat produktif yang didapat di sekolah dalam kategori sangat tinggi, sedangkan hasil prestasi praktik kerja industri dalam kategori sangat tinggi. Saran yang ditujukan bagi sekolah, perlu menambah waktu prakerin dan penempatan siswa tidak hanya pada satu tempat. sehingga dapat menambah pengalaman siswa. Bagi guru mata pelajaran produktif, diharapkan dapat menjadi fasilitator yang baik. Bagi guru pembimbing, diharapkan membantu dan memantau kerja siswa. Bagi pembimbing lapangan, diharapkan menjadi fasilitator dan memberikan teladan yang baik aman dan. Bagi dinas perindustrian, diharapkan membantu memberikan perijinan dan menambah tempat-tempat praktik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif, Prestasi Praktik Kerja Industri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 May 2012 02:50
Last Modified: 22 May 2012 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12325

Actions (login required)

View Item View Item