Efektivitas Penggunaan Teknik Scramble (並べ換え問題) Sebagai Latihan Dalam Pengajaran Bunpo Shokyu Kohan Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang.


Dian Permatasari , 2302407044 (2012) Efektivitas Penggunaan Teknik Scramble (並べ換え問題) Sebagai Latihan Dalam Pengajaran Bunpo Shokyu Kohan Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Teknik Scramble (並べ換え問題) Sebagai Latihan Dalam Pengajaran Bunpo Shokyu Kohan Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang.]
Preview
PDF (Efektivitas Penggunaan Teknik Scramble (並べ換え問題) Sebagai Latihan Dalam Pengajaran Bunpo Shokyu Kohan Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang.) - Published Version
Download (335kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran, teknik pembelajaran digunakan dengan maksud agar dapat bermanfaat untuk menarik perhatian siswa. Dengan adanya teknik pembelajaran yang menarik maka diharapkan materi yang diajarkan akan lebih jelas dan mudah dipahami. Dari sekian banyak teknik pembelajaran yang dapat digunakan adalah teknik scramble. Teknik scramble (並べ換え問題) adalah permainan berupa aktivitas menyusun kembali suatu struktur bahasa yang sebelumnya telah diacak. Hasil yang diharapkan adalah berupa susunan tata bahasa yang logis dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan teknik Scramble efektif dalam pengajaran mata kuliah Bunpo Shokyu Kohan. Variabel dalam penelitian ini adalah teknik scramble dan penguasaan mata kuliah Bunpo Shokyu Kohan mahasiswa semester II tahun ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II pada angkatan 2010/2011 yang mendapatkan mata kuliah Bunpo Shokyu Kohan. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling random atau sampel acak. Dengan teknik tersebut didapatkan sampel sebanyak 19 mahasiswa rombel 1 dan 19 mahasiswa rombel 2. Untuk mengumpulkan data digunakan metode tes. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan untuk mengukur reliabilitas soal digunakan rumus Spearman Brown. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus t-test. Dari hasil analisis diperoleh nilai t hitung = - 0, 33, sedangkan ttabel untuk db 38 (diambil dari db 40) = 1,68. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi “teknik scramble efektif dalam pembelajaran Bunpo bahasa Jepang” ditolak. Dengan demikian teknik scramble dalam penelitian ini tidak menunjukkan keefektivitasannya dalam pembelajaran Bunpo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Teknik Scramble (並べ換え問題), Bunpo Shokyu Kohan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2012 01:42
Last Modified: 21 May 2012 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12229

Actions (login required)

View Item View Item