Kemampuan Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Melafalkan Fonem Konsonan Bahasa Prancis yang Tidak Terdapat dalam Fonem Konsonan Bahasa Indonesia.


Tiara Destiyani , 2301407030 (2012) Kemampuan Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Melafalkan Fonem Konsonan Bahasa Prancis yang Tidak Terdapat dalam Fonem Konsonan Bahasa Indonesia. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kemampuan Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Melafalkan Fonem Konsonan Bahasa Prancis yang Tidak Terdapat dalam Fonem Konsonan Bahasa Indonesia.]
Preview
PDF (Kemampuan Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Melafalkan Fonem Konsonan Bahasa Prancis yang Tidak Terdapat dalam Fonem Konsonan Bahasa Indonesia.) - Published Version
Download (258kB) | Preview

Abstract

Bahasa Prancis mempunyai 5 konsonan yang pelafalanya berbeda dengan bahasa Indonesia. Kelima konsonan tersebut adalah [v], [R], [ʒ], [z], dan [ʃ]. Berbedaan pelafalan tersebut dapat menyebabkan perbedaan arti. Pengetahuan tentang pelafalan fonetik Bahasa Prancis sangat penting bagi mahasiswa program studi pendidikan bahasa Prancis karena nantinya mahasiswa tersebut akan mengajarkan kemampuan pelafalan fonetik pada siswa. Pada program studi pendidikan bahasa Prancis, tidak ada mata kuliah khusus yang mengajarkan tentang kaidah pelafalan. Oleh sebab itu, kemampuan melafalkan fonem konsonan bahasa Prancis yang tidak terdapat dalam fonetik Indonesia perlu untuk diteliti, agar apabila ditemui kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa, maka kesalahan-kesalahan tersebut akan dapat ditangani lebih dini sehingga pada semester-semester berikutnya diharapkan mereka tidak lagi membuat kesalahan dalam melafalkan fonem konsonan bahasa Prancis yang tidak terdapat dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester I dalam melafalkan fonem konsonan bahasa Prancis yang tidak terdapat dalam fonem bahasa Indonesia serta mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan mahasiswa tersebut. Variabel penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis semester I tahun ajaran 2011-2012 dalam melafalkan fonem konsonan bahasa Prancis yang tidak terdapat dalam fonetik bahasa Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I Prodi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang tahun ajaran 2011-2012. Untuk mengumpulkan data digunakan metode tes. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas konstruk. Rumus yang digunakan untuk mencari reliabilitas adalah K-R 20 karena penskoran soal menggunakan benar-salah atau 1-0. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara mencari rata-rata nilai dan menganalisis kesalahan yang dilakukan mahasiswa. Kemampuan mahasiswa semester I Prodi pendidikan bahasa Prancis Universitas Negeri Semarang dalam melafalkan fonem konsonan Bahasa Prancis yang tidak terdapat dalam fonetik bahasa Indonesia termasuk dalam kategori “Lebih dari Cukup”. Nilai tertinggi adalah 97,9, terendah adalah 35,4 dan rata-rata nilai adalah 69,41. Kesalahan terbanyak terjadi pada fonem [R] (di awal dan di tengah kata) dan fonem [z] (di tengah kata) dan fonem [s] yang diapit oleh dua vokal dan berada di akhir kata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, fonem konsonan Bahasa Prancis
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2012 01:25
Last Modified: 21 May 2012 01:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12221

Actions (login required)

View Item View Item