Manajemen Pembelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) Di TK Islam Al Madina Semarang Tahun 2011


Maghfiroh, 1102406015 (2012) Manajemen Pembelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) Di TK Islam Al Madina Semarang Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Manajemen Pembelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) Di TK Islam Al Madina Semarang Tahun 2011.]
Preview
PDF (Manajemen Pembelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) Di TK Islam Al Madina Semarang Tahun 2011.) - Published Version
Download (26kB) | Preview

Abstract

TK Islam Al Madina Semarang adalah salah satu sekolah yang didalamnya terdapat pembelajaran TIK. Taman kanak-kanak tersebut terletak di Jalan Menoreh Utara IX No. 57 Semarang. Peneliti memilih TK Islam Al Madina Semarang karena merupakan salah satu TK yang maju di Semarang, yaitu ditandai dengan sudah adanya pembelajaran komputer bagi anak-anak usia dini. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kegiatan manajerial dan operasional pembelajaran TIK yang meliputi: 1) perencanaan, 2) pengorrganisasian, 3) pengawasan, 4) pembiayaan, 5) rekruitmen, dan 6) hubungan masyarakat di TK Islam Al Madina Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran di TK Islam Al Madina Semarang dilaksanakan oleh semua pihak, mulai dari pengurus yayasan pendidikan Islam Al Madina, kepala sekolah sampai komite sekolah. Semua pihak berperan aktif dalam mengambil keputusan serta merencanakan hal-hal yang berhubungan dengan sekolah, terutama dalam bidang IT. Belum ada kurikulum khusus yang digunakan dalam pembelajaran TIK. Pembelajaran TIK di TK Islam Al Madina Semarang bertujuan untuk memberikan wawasan atau pengenalan dasar komputer kepada anak-anak. Karena ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dalam belajar IT sejak dini, salah satunya adalah anak tidak gagap teknologi dan lebih banyak belajar melalui komputer. Namun, sarana pembelajaran TIK di sana belum memadai, masih banyak komputer yang harus disediakan. 2) Sebagai guru TIK ada beberapa tugas yang harus mereka lakukan dalam pembelajaran, diantaranya: menyiapkan media pembelajaran, disini berupa komputer dengan segala perlengkapannya sebelum pembelajaran dimulai, menyiapkan materi sesuai dengan silabus yang telah dibuat dan kurikulum yang telah ditentukan, menerapkan metode pembelajaran bagi anak TK, membimbing anak dalam pembelajaran TIK, karena ini adalah pengenalan pertama anak pada dunia teknologi, memberikan tanggapan atau melakukan komunikasi dalam pembelajaran TIK ketika berlangsung, dan memberikan nilai pada anak

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran TIK
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 May 2012 07:14
Last Modified: 25 Apr 2015 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11714

Actions (login required)

View Item View Item