(ABSTRAK) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI IS SMA NEGERI 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 2009/2010


TITIN SUPRIYATIN, 3301405646 (2010) (ABSTRAK) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI IS SMA NEGERI 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGARUH  MINAT BELAJAR  DAN  PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI IS SMA NEGERI 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
Postscript ((ABSTRAK) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI IS SMA NEGERI 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (128kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan belajar yang diungkapkan dengan prestasi belajar memiliki beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu faktor internal dan eksternal. Untuk mendapatkan suatu prestasi belajar yang memuaskan, maka kedua faktor tersebut diharapkan bisa mendukung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hal tersebut di atas, membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui minat belajar terhadap prestasi belajar dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Tengaran sebanyak 106 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 84 siswa, yang didapat dari perhitungan dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Data yang digunakan berupa data primer yang diambil dengan metode kuesioner. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar dalam kriteria cukup baik (66.67%), minat belajar dalam kriteria sedang (50.00%) dan pengelolaan kelas dalam kriteria baik (54.76%). Ada pengaruh signifikan antara minat belajar dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar baik secara simultan maupun parsial. Hal ini ditunjukkan dengan F hitung = 31.106 dan P value 0,000 < 0,05 minat belajar memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 0,2079 atau 20.25% dan pengelolaan kelas memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 0,948 atau 9,48%. Simpulan dari penelitian ini adalah minat belajar dan pengelolaan kelas berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Saran bagi Siswa, hendaknya lebih serius dalam belajar akuntansi dan meningkatkan kemauannya dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru akuntansi. Saran bagi Guru Akuntansi, hendaknya lebih meningkatkan kemampuannya dalam memberi motivasi kepada siswa sehingga siswa lebih serius dalam belajar akuntansi dan guru hendaknya lebih mengefektifkan pembelajaran terutama dalam pengelolaan kelas agar prestasi belajar mengajar dapat berjalan kondusif, serta dapat meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Minat Belajar, Pengelolaan Kelas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 19 Dec 2011 06:07
Last Modified: 19 Dec 2011 06:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11184

Actions (login required)

View Item View Item