KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X DITINJAU DARI KARAKTER ENTREPRENEUR PADA PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN RME


Misbahul Munir, 0401518027 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X DITINJAU DARI KARAKTER ENTREPRENEUR PADA PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN RME. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0401518027 - MISBAHUL MUNIR.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji kualitas pembelajaran Brain Based Learning dengan pendekatan RME dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis kelas X, (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran Brain Based Learning dengan pendekatan RME ditinjau dari karakter entrepreneur. Penelitian dilaksanakan dengan metode mixed method model sequential explanatory. Populasi penelitian adalah kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMK Swadaya Semarang tahun pelajaran 2021/2022 dengan sampel kemampuan penalaran matematis siswa kelas X BDP 1 dan X BDP 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pembelajaran Brain Based Learning dengan pendekatan RME terhadap kemampuan penalaran matematis berkualitas baik. Hal ini ditunjukkan pada tahap persiapan dan tahap pelaksanaan dalam kategori baik serta pada tahap evaluasi pembelajaran dengan kategori efektif yaitu (a) rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran Brain Based Learning dengan pendekatan RME mencapai ketuntasan belajar minimal, (b) proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar minimal pada pembelajaran Brain Based Learning dengan pendekatan RME lebih dari 75%, dan (c) rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran Brain Based Learning dengan pendekatan RME lebih baik daripada rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran ekspositori. Karakter entrepreneur mempengaruhi kemampuan penalaran matematis sebesar 64,6% untuk 35,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar yang diteliti. (2) Pola indikator kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMK Swadaya Semarang ditinjau dari karakter entrepreneur pada pembelajaran Brain Based Learning dengan pendekatan RME bervariasi. Peserta didik dengan karakter entrepreneur dengan potensi tinggi menguasai indikator 1, indikator 2, dan indikator 4 dengan baik serta cukup menguasai indikator 3. Peserta didik dengan karakter entrepreneur dengan potensi sedang menguasai indikator 1 dan indikator 2 dengan baik, cukup menguasai indikator 4, tetapi kurang menguasai indikator 3. Setiap siswa memiliki kategori karakter entrepreneur yang bervariasi. Pemberian model pembelajaran yang mengasah penalaran siswa dapat diterapkan sehingga guru mampu menciptakan proses pembelajaran yang terus menumbuhkan performa siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Karakter Entrepreneur, Brain Based Learning, RME
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:22
Last Modified: 26 Sep 2024 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64215

Actions (login required)

View Item View Item