KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL QR-CODE
Muhammad Bagus Al Basyari, 4101418065 (2023) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL QR-CODE. Under Graduates thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Download (496kB) |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Download (198kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (178kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (215kB) |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
Abstract
Al Basyari, M. B. 2023. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Model QR-Code. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Emi Pujiastuti, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Problem Based Learning, Modul QR-Code Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) pada pembelajaran model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan modul QR-Code. Jenis penelitian ini adalah penelitian mixed method, desain penelitian yang digunakan pada metode kuantitatif adalah posttest only gorup design. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023 di SMA Negeri 1 Kedungwuni. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kedungwuni, teknik pegambilan sampel menggunakan random sampling, subjek penelitian ini ditentukan menggunakan purposive sampling berdasarkan tipe AQ yang terdiri dari 6 siswa yaitu 2 siswa skor tertinggi tipe climbers (AQ tinggi), 2 siswa skor sedang tipe campers (AQ sedang), dan 2 siswa skor terendah tipe quitters (AQ rendah). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan koneksi matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran model PBL dengan bantuan modul QR-Code mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM); (2) Kemampuan koneksi matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran model PBL dengan bantuan modul QR-Code mencapai ketuntasan klasikal; (3) Proporsi hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran model PBL dengan bantuan modul QR-Code lebih baik daripada model pembelajaran PBL saja; (4) Terdapat pengaruh positif AQ terhadap kemampuan koneksi matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran model PBL berbantuan modul QR-Code yaitu sebesar 59,6%; (5) AQ mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran model PBL berbantuan modul QR-Code yaitu subjek 1 dan subjek 2 dengan tipe AQ Climbers memiliki kriteria koneksi matematis sangat mampu memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis, siswa dengan tipe AQ Campers dengan subjek yang dipilih yaitu subjek 3 dan subjek 4, berdasarkan hasil kemampuan koneksi matematis dan wawancara dengan kedua subjek dapat disimpulkan bahwa subjek 3 dan subjek 4 memiliki kriteria kemampuan koneksi matematis mampu. Kemudian siswa dengan tipe AQ Qutters dengan subjek yang dipilih yaitu subjek 5 dan subjek 6, berdasarkan hasil kemampuan koneksi matematis subjek penelitian dan wawancara dengan kedua subjek dapat disimpulkan bahwa subjek 5 memiliki kriteria kemampuan koneksi matematis kategori mampu, sedangkan subjek 6 memiliki kriteria kemampuan koneksi matematis kategori kurang mampu.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Koneksi Matematis, Problem Based Learning, Modul QR-Code |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Mahasiswa FMIPA |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 02:29 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 02:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60349 |
Actions (login required)
View Item |