Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Generatif secara Daring


Mulyono, - Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Generatif secara Daring. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

[thumbnail of 125 Prosiding Prisma 4 th 2021 hal 320-328 - Mulyono Unnes.pdf] PDF
Download (366kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketuntasan belajar untuk kemampuan penalaran matematis peserta didik pada pembelajaran generatif secara daring dan mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran generatif secara daring. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan wawancara. Indikator kemampuan penalaran matematis yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) menyajikan pernyataan matematika secara lisan , tertulis, gambar, dan diagram, (2) mengajukan dugaan (conjegtures), (3) melakukan manipulasi matematika, (4) menarik simpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi, (5) menarik simpulan dari pernyataan, (6) memeriksa kesahihan suatu argumen, (7) menemukan pola atau sifat dari segala matematis untuk membuat generalisasi. Penelitian ini menghasilkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik pada pembelajaran generatif secara daring mencapai ketuntasan belajar. Subjek yang bermotivasi belajar tinggi cenderung mampu memenuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis. Subjek yang bermotivasi belajar sedang cenderung mampu memenuhi 4 indikator kemampuan penalaran matematis, meliputi : (3) melakukan manipulasi matematika, (4) menarik simpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi, (5) menarik simpulan dari pernyataan, (6) memeriksa kesahihan suatu argumen,. Subjek yang bermotivasi rendah cenderung mampu memenuhi satu indikator kemampuan penalaran matematis, yaitu (5) menarik simpulan dari pernyataan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:32
Last Modified: 11 Apr 2023 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57025

Actions (login required)

View Item View Item