Peningkatan Hasil Belajar dan Kerjasama Peserta Didik Melalui Metode Team Game Tournament Berbantuan Domino Aljabar Pada Materi Operasi Aljabar Kelas 7D SMP Negeri 5 Semarang
Mulyono, - Peningkatan Hasil Belajar dan Kerjasama Peserta Didik Melalui Metode Team Game Tournament Berbantuan Domino Aljabar Pada Materi Operasi Aljabar Kelas 7D SMP Negeri 5 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
PDF
Download (430kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar dan sikap kerjasama peserta didik melalui metode Team Game Tournament berbantuan domino aljabar pada materi operasi aljabar kelas 7D SMP Negeri 5 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, dan dua pertemuan setiap siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas 7D SMP Negeri 5 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes dan non tes. Teknik analisis data terdiri atas data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian siklus I ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik mencapai 72% dan sikap kerjasama kategori “Sangat Tinggi” hanya 3%. Sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik mencapai 78% dan sikap kerjasama kategori “Sangat Baik” mencapai 88%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Team Game Tournament Berbantuan domino aljabar dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap kerjasama peserta didik pada materi operasi aljabar kelas 7D SMP Negeri 5 Semarang. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan metode Team Game Tournament sebagai salah satu alternatif metode mengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 07:27 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 07:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57024 |
Actions (login required)
View Item |