PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL CTL DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMECAHAN MASALAH MATERI TRIGONOMETRI


Mulyono, - PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL CTL DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMECAHAN MASALAH MATERI TRIGONOMETRI. Prosiding Seminar Nasional Matematika VII.

[thumbnail of 114 Prosiding Semnas Mat UNNES Okt 2013 hal 387-396 - Seviana Arnanda Sari.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran model CTL dengan pendekatan humanistik bermuatan pendidikan karakter materi trigonometri, sehingga menjadi perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Jenis perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Buku Peserta Didik, LKPD, dan TKPM. Kepraktisan perangkat dinilai dengan menggunakan lembar pengamatan keaktifan, respon peserta didik, serta lembar pengamatan pengelolaan guru dalam pembelajaran. kelas eksperimen dan kontrol, dan uji pengaruh keaktifan peserta didik terhadap TKPM. Hasil pengembangan perangkat sebagai berikut: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid menurut validator dengan rata-rata Silabus (3,74), RPP (3,66), Buku Peserta Didik (4,25), LKPD (3,66), dan TKPM (3,72) (2) perangkat pembelajaran praktis dilihat dari (a) keaktifan peserta didik dengan rata-rata 4,65 (b) kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan rata-rata 4,67 (c) respon peserta didik lebih dari 80% (3) proses pembelajaran efektif, ditandai dengan (a) mencapai ketuntasan belajar individual dengan nilai KKM 75 (b) mencapai ketuntasan klasikal (c) rata-rata TKPM kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol (d) persentase ketuntasan kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol (e) terdapat pengaruh keaktifan (X) dan TKPM (Y) sebesar 56,1%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model CTL, Pendekatan Humanistik, Pendidikan Karakter.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:57
Last Modified: 10 Apr 2023 07:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56978

Actions (login required)

View Item View Item