KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL DESIGNED STUDENT- CENTERED INSTRUCTIONAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK


Mulyono, - KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL DESIGNED STUDENT- CENTERED INSTRUCTIONAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK. Unnes Journal of Mathematics Education.

[thumbnail of 90 UJME Vol 2 no 3 November th 2013 hal 60-65 - Mulyono Unnes.pdf] PDF
Download (858kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah kemampuan representasi matematika peserta didik kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model Designed Student­Centered Instructional (DSCI) pada mencapai ketuntasan belajar atau tidak dan (2) apakah kemampuan representasi matematika peserta didik kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model DSCI lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran dengan model ekspositori. Hal tersebut yang akan menentukan apakah model DSCI efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan representasi matematika atau tidak.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Cilacap tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil secara acak melalui teknik area (cluster) sampling sehingga diperoleh kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Setelah dilakukan penelitian diperoleh simpulan bahwa (1) rata-rata kemampuan representasi peserta didik kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model DSCI mencapai ketuntasan belajar dan (2) rata-rata kemampuan representasi peserta didik kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model DSCI lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran dengan model ekspositori.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Effectiveness Mathematical Representation Ability DSCI Model
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:33
Last Modified: 10 Apr 2023 06:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56971

Actions (login required)

View Item View Item