KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VII


Mulyono, - KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VII. Unnes Journal of Mathematics Education.

[thumbnail of 88 UJME Vol 1 no 2 Agustus th 2012 hal 7-14 - Mulyono Unnes.pdf] PDF
Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Survey Question Read Recite Review (SQ3R) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP kelas VII pada materi pokok hubungan antar sudut. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 1 Pagerbarang tahun ajaran 2011/2012. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh siswa kelas VIIB sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas VIIC sebagai kelompok eksperimen. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah true experimental design tipe posttest only control. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R pada materi pokok hubungan antar sudut mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), dengan banyak siswa yang mencapai KKM dan rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R pada materi pokok hubungan antar sudut lebih dari rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada materi pokok hubungan antar sudut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah pembelajaran kooperatif SQ3R
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Apr 2023 05:49
Last Modified: 10 Apr 2023 05:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56967

Actions (login required)

View Item View Item