ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN LITERASI SERTA KARAKTER SISWA SMK


Mulyono, - ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN LITERASI SERTA KARAKTER SISWA SMK. Unnes Journal of Mathematics Education Research.

[thumbnail of 85 UJMER Vol 4 no 1 Juni th 2015 hal 42-48 - Mulyono Unnes.pdf] PDF
Download (243kB)

Abstract

Pembelajaran matematika dengan berbagai pendekatan yang digunakan akan menjadikan hasil dari belajar matematika siswa baik dan tidak membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang pembelajaran matematika yang ditinjau dengan pendekatan humanistik dan konstruktivisme, serta kemampuan literasi matematika dan karakter mandiri dan tanggung jawab siswa SMK Negeri 1 Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Sumber data adalah guru matematika, siswa, dan waka kurikulum. Hasil penelitian ini didapatkan rata-rata keterpenuhan indikator pada perangkat pembelajaran yang ditelaah dengan pendekatan humanistik 45,10% dan pendekatan konstruktivisme 37,63%. Perangkat pembelajaran yang digunakan oleh semua guru matematika di SMK Negeri 1 Jepara sama. Rata-rata persentase proses pembelajaran guru ditinjau dengan pendekatan humanistik 63% dan konstruktivisme 57%. Rata-rata persentase proses pembelajaran siswa ditinjau dengan pendekatan humanistik 65,5% dan konstruktivisme 52,5%. Proses pembelajaran matematika di SMK Negeri 1 Jepara cukup sesuai dengan pendekatan humanistik dan konstruktivisme. Kemampuan literasi matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Jepara masih kurang. Penelitian ini menunjukkan bahwa karakter mandiri dan tanggung jawab siswa kelas XI cukup baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Humanistic, Constructivism, Mathematic Literacy, Character
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:59
Last Modified: 10 Apr 2023 04:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56961

Actions (login required)

View Item View Item