PBL PENDEKATAN REALISTIK SAINTIFIK DAN ASESMEN PISA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA


Mulyono, - PBL PENDEKATAN REALISTIK SAINTIFIK DAN ASESMEN PISA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA. Unnes Journal of Mathematics Education Research.

[thumbnail of 84 UJMER Vol 3 no 2 November th 2014 hal 64-71 - Mulyono Unnes.pdf] PDF
Download (837kB)

Abstract

Literasi matematika adalah kapasitas individu dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. Peneli- tian ini merupakan penelitian R&D yang bertujuan untuk mengembangkan perang- kat PBL dengan pendekatan realistik-saintifik dan asesmen berorientasi PISA yang valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa SMP secara efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: silabus, RPP, LKS, buku siswa, dan tes kemampuan literasi matematika siswa berorientasi PISA. Proses pengembangan perangkat merujuk pada model Plomp yang meliputi: inves- tigasi awal, desain, konstruksi, tes, evaluasi dan revisi. Uji coba perangkat pembela- jaran melibatkan siswa kelas VIII SMP N 5 Semarang tahun akademik 2013/2014 dengan menggunakan desain penelitian non-randomized pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dinilai valid oleh para ahli dengan kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran dapat dikategorikan praktis dengan merujuk pada siswa dan guru merespon positif, serta kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan tinggi. Pembelaja- ran juga efektif meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mathematics literacy; PBL; Realistic-scientific PIS
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:51
Last Modified: 10 Apr 2023 04:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56959

Actions (login required)

View Item View Item