PEMBELAJARAN NHT PADA METODE NUMERIK DENGAN BANTUAN APLIKASI MAPLE
Mulyono, - PEMBELAJARAN NHT PADA METODE NUMERIK DENGAN BANTUAN APLIKASI MAPLE. Unnes Journal of Mathematics Education Research.
PDF
Download (400kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini program komputer yang digunakan dalam pembelajaran di kelas adalah aplikasi Maple. Pembelajaran ini menggunakan bahasa pengantar bilingual, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Penerapan pembelajaran kooperatif NHT dan berbantuan program komputer ini adalah meningkatnya hasil belajar, motivasi, dan keaktifan mahasiswa Penelitian ini dilaksanakan di rombel Metode Numerik Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika FMIPA Unnes semester genap tahun akademik 2010/2011. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri 33 mahasiswa. Dari penelitian ini diperoleh hasil: (1) Mahasiswa tertarik dan terlibat aktif dalam belajar kelompok yang dilanjutkan dengan praktik komputer. Dengan menggunakan Lembar Kerja Kelompok ternyata dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa. (2) Implementasi pembelajaran kooperatif NHT dengan aplikasi Maple dapat meningkatkan hasil belajar Metode Numerik. Hal ini dapat diketahui dari hasil tes pada Siklus III yakni dari 23 mahasiswa sebanyak 2 (6,1%) mahasiswa mendapatkan nilai kurang dari 60, dan 4 (12,1%) mahasiswa mendapat nilai 60 sampai dengan 75, serta 27 (81,8%) mahasiswa mendapatkan nilai di atas 75; dan (3) Dengan pembelajaran kooperatif NHT dengan aplikasi Maple, motivasi mahasiswa meningkat dan mereka terstimulasi untuk menyelesaikan soal-soal dengan program komputer yang lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | NHT learning cooperative Maple application Activity Motivation |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 03:16 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 03:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56957 |
Actions (login required)
View Item |