KEEFEKTIFAN MODEL PjBL DENGAN TUGAS CREATIVE MIND- MAP UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIK SISWA


Mulyono, - KEEFEKTIFAN MODEL PjBL DENGAN TUGAS CREATIVE MIND- MAP UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIK SISWA. Unnes Journal of Mathematics Education.

[thumbnail of 91 UJME Vol 4 no 2 Agustus th 2015 hal 172-179 - Seviana Arnanda Sari.pdf] PDF
Download (664kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematik, apakah terdapat perbedaan serta manakah yang lebih baik antara pembelajaran dengan model PjBL dengan tugas creative mind-map dan pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X materi Trigonometri. Penelitian eksperimen yang dilakukan dengan pre and posttest control group design ini memiliki populasi yakni siswa kelas X S M A N 1 S u k o r e j o t a h u n a j a r a n 2 0 1 4 / 2 0 1 5 . D e n g a n m e n g g u n a k a n c l u s t e r random sampling, terpilih sampel yaitu siswa kelas XB sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori dan XC sebagai kelas eksperimen dengan model PjBL dengan tugas creative mind-map. Data kemampuan koneksi matematik dianalisis menggunakan uji proporsi, uji beda rata-rata. Berdasarkan uji proporsi, diperoleh lebih dari 75 % siswa kelas eksperimen mencapai nilai ketuntasan belajar, yaitu 75. Selain itu, diperoleh adanya perbedaan hasil kemampuan koneksi matematik antar kedua kelas dimana kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol. Sedangkan untuk peningkatan menggunakan uji t berpasangan dan gain ternormalisasi dengan hasilnya yaitu terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematik pada kelas eksperimen dengan kriteria tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis; Model PjBL; Tugas creative mind-map
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:59
Last Modified: 10 Apr 2023 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56952

Actions (login required)

View Item View Item