Pembelajaran PBL Strategi Working Backward untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa


Mulyono, - Pembelajaran PBL Strategi Working Backward untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education.

[thumbnail of 70 UJME Vol 6 no 1 Maret th 2017 hal 27-36 - Mulyono Unnes.pdf] PDF
Download (800kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui rata-rata kelas dan ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan pembelajaran PBL strategi working backward, perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan pembelajaran PBL strategi working backward dan pembelajaran konvensional, dan penggolongan keterampilan proses siswa kelas VIII yang diajar dengan pembelajaran PBL strategi working backward. Dari populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Godong tahun pelajaran 2015/2016 terpilih siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII I sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes, kemudian data hasil tes dianalisis menggunakan uji rata-rata satu pihak, uji proporsi satu pihak, dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan pembelajaran PBL strategi working backward lebih dari KKM dan dapat mencapai ketuntasan klasikal, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematik siswa menggunakan pembelajaran PBL strategi working backward lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensional, dan hasil pengamatan keterampilan proses siswa diperoleh 10 siswa sangat terampil, 21 siswa terampil, dan 4 siswa cukup terampil.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Working Backward; Kemampuan Pemecahan Masalah; Keterampilan Proses.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:55
Last Modified: 10 Apr 2023 01:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56951

Actions (login required)

View Item View Item