IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA DALAM PENCARIAN RUTE TERPENDEK TEMPAT WISATA DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL DENGAN PROGRAM VISUAL BASIC


Mulyono, - IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA DALAM PENCARIAN RUTE TERPENDEK TEMPAT WISATA DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL DENGAN PROGRAM VISUAL BASIC. Unnes Journal of Mathematics.

[thumbnail of 67 UJM Vol 6  no 2 November th 2017 hal 108-116 - Mulyono Unnes.pdf] PDF
Download (529kB)

Abstract

Algoritma Dijkstra dapat digunakan untuk mencari rute terpendek dari sebuah titik yang ditentukan ke semua titik dalam graf. Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki banyak tempat wisata yang tersebar. Tempat wisata yang tersebar tersebut menyebabkan para wisatawan sulit menentukan rute yang harus dilalui agar dapat menikmati beberapa tempat wisata yang berbeda. Setiap orang yang melakukan perjalanan pasti memilih rute terpendek untuk dapat mencapai tujuan karena dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya bahan bakar. Ketika berwisata dengan jadwal yang tidak diatur menyebabkan pengeluaran anggaran berwisata membesar dan waktu berlibur menjadi padat. Dari permasalahan tersebut maka penulis menganalisis rute terpendek tempat wisata di Kabupaten Gunungkidul dengan algoritma Dijkstra dan membuat simulasi pencarian rute terpendek pada graf tak berarah dan berbobot dengan bahasa pemrograman Visual Basic sehingga dapat menghemat biaya dan waktu wisatawan yang berwisata ke Kabupaten Gunungkidul.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Rute Terpendek; Algoritma Dijkstra; Visual Basic
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:18
Last Modified: 06 Apr 2023 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56926

Actions (login required)

View Item View Item