Peningkatan Profesionalisme Dosen Dengan Pendekatan Lesson Study Untuk Mata Kuliah Telaah Kurikulum Matematika 1


Mulyono, - Peningkatan Profesionalisme Dosen Dengan Pendekatan Lesson Study Untuk Mata Kuliah Telaah Kurikulum Matematika 1. Unnes Journal of Mathematics Education.

[thumbnail of 73 UJME Vol 6 no 3 November th 2017 hal 299-307 - Seviana Arnanda Sari.pdf] PDF
Download (547kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya peningkatan profesionalisme dosen melalui pendekatan Lesson Study, mengetahui adanya peningkatan interaksi mahasiswa (dengan mahasiswa, bahan ajar, dan dosen pengampu), dan untuk mengetahui apakah hasil belajar mahasiswa yang menggunakan pendekatan lesson study mencapai ketuntasan belajar. Kegiatan dilakukan untuk setiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu; perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Data kualitatif pada penelitian ini adalah deskripsi peningkatan keprofesionalan dosen. Data kuantitatifnya adalah peningkatan interaksi mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan bahan ajar, dan mahasiswa dengan dosen pengampu, dan hasil belajar. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa Telaah Kurikulum Matematika 1 semester genap tahun akademik 2016/2017. Instrumen penelitian adalah tes, lembar pengamatan, dan angket. Hasil penelitiannya adalah terjadi peningkatan profesionalisme dosen KBK Pendidikan Matematika melalui pendekatan lesson study untuk mata kuliah Telaah Kurikulum Matematika 1, interaksi mahasiswa (dengan mahasiswa, bahan ajar, dosen pengampu) meningkat, dan hasil belajar mencapai ketuntasan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: professionalism of lecturers, lesson study, mathematics education
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:00
Last Modified: 05 Apr 2023 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56910

Actions (login required)

View Item View Item