The Analysis of Geometrical Reasoning Ability Viewed from Self-Efficacy on Connected Mathematic Project (CMP) Learning Etnomathematics-Based


Mulyono, - The Analysis of Geometrical Reasoning Ability Viewed from Self-Efficacy on Connected Mathematic Project (CMP) Learning Etnomathematics-Based. Unnes Journal of Mathematics Education.

[thumbnail of 72 UJME Vol  6 no 3 November th 2017 hal 325_332 - Seviana Arnanda Sari.pdf] PDF
Download (737kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran geometri siswa ditinjau dari self­efficacy pada pembelajaran Connected Mathematic Project (CMP) berbasis etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Untuk menetapkan keabsahan data kualitatif maka teknik pemeriksaan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, yaitu dengan membandingkan kesesuaian data yang diperoleh dari hasil wawancara dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidoharjo dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A. Kemudian dipilih 12 subjek penelitian yang mewakili kelompok self­efficacy level 1, self­efficacy level 2, self­efficacy level 3, self­efficacy level 4, self­efficacy level 5, dan self­efficacy level 6. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa siswa dengan self­efficacy tinggi yaitu subjek penelitian self­efficacy level 3 kurang mampu dalam mengerjakan tes kemampuan penalaran matematika. Faktor yang mempengaruhi temuan tersebut adalah minat belajar dan motivasi belajar matematika yang kurang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Self-Efficacy, CMP, geometric reasoning ability, ethnomathematics
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:57
Last Modified: 05 Apr 2023 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56909

Actions (login required)

View Item View Item