The Analysis of Geometrical Reasoning Ability Viewed from Self-Efficacy on Connected Mathematic Project (CMP) Learning Etnomathematics-Based
Mulyono, - The Analysis of Geometrical Reasoning Ability Viewed from Self-Efficacy on Connected Mathematic Project (CMP) Learning Etnomathematics-Based. Unnes Journal of Mathematics Education.
![]() |
PDF
Download (737kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran geometri siswa ditinjau dari selfefficacy pada pembelajaran Connected Mathematic Project (CMP) berbasis etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Untuk menetapkan keabsahan data kualitatif maka teknik pemeriksaan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, yaitu dengan membandingkan kesesuaian data yang diperoleh dari hasil wawancara dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidoharjo dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A. Kemudian dipilih 12 subjek penelitian yang mewakili kelompok selfefficacy level 1, selfefficacy level 2, selfefficacy level 3, selfefficacy level 4, selfefficacy level 5, dan selfefficacy level 6. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa siswa dengan selfefficacy tinggi yaitu subjek penelitian selfefficacy level 3 kurang mampu dalam mengerjakan tes kemampuan penalaran matematika. Faktor yang mempengaruhi temuan tersebut adalah minat belajar dan motivasi belajar matematika yang kurang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Efficacy, CMP, geometric reasoning ability, ethnomathematics |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 06:57 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 06:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |