Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl)
Mulyono, - Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana Unnes.
PDF
Download (443kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan karakter kolaborasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran model PjBL dalam pembelajaran materi statistika, mendeskripsikan karakteristik kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran dengan PjBL dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari karakter kolaborasi dalam pembelajaran model PjBL. Metode dalam penelitian ini adalah mixed method dengan desain concurrent embedded yaitu menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif secara tidak berimbang. Tehnik pengambilan data menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji ketuntasan dan uji peningkatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa pembelajaran matematika dengan PjBL diperoleh ketuntasan klasikal melampaui 70%, ketuntasan rata-rata kelas pada pembelajaran PjBL dengan karakter kolaborasi diperoleh dari rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis siswa dengan rata-rata 73,80 lebih dari KKM 67 dan ketuntasan klasikal sebesar 83,33% telah melampaui 70%; dari uji gain terhadap kemampuan komunikasi matematis dapat diketahui bahwa 27,78 % siswa dalam kategori rendah, 61,11% siswa dalam kategori sedang dan 11,11 % siswa dalam kategori tinggi; terdapat peningkatan karakter kolaborasi dengan uji gain didapatkan peningkatan sebesar 0,49. Diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran PjBL dengan karakter kolaborasi terhadap kemampuan komunikasi matematis efektif ditunjukkan dengan tercapainya ketuntasan klasikal dan individual serta terjadinya peningkatan. Karakteristik kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan tinggi pada seluruh aspek dalam kategori sangat baik. Pada siswa berkemampuan sedang kategori sangat baik namun dalam aspek keputusan matematis, pertimbangan matematis mendapatkan kategori baik. Pada siswa berkemampuan rendah pada aspek pemikiran matematis, dan keputusan matematis kategori cukup. Saran bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis untuk memperhatikan aspek-aspek lain yang mempengaruhi peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan karakter kolaborasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mathematical communication, Project Based Learning, dan collaboration character. |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 05:32 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 05:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56906 |
Actions (login required)
View Item |