LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY DENGANMENGGUNAKAN PROBLEM SOLVING LEARNING MODEL DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING


Mulyono, - LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY DENGANMENGGUNAKAN PROBLEM SOLVING LEARNING MODEL DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan.

[thumbnail of 57 JISD Vol 9 no 1 Mei 2022 hal 27-35 - Seviana Arnanda Sari.pdf] PDF
Download (312kB)

Abstract

Literasi matematika dan self efficacy mempunyai peranan penting dalam matematika. Dalam mengajarkan literasi matematika perlu dikembangkan sikap kepercayaan diri siswa. Model pembelajaran yang dianggap tepat yaitu problem solving learning dengan strategi scaffolding. Model ini memberi peluang siswa untuk menyelesaikan masalah yang diberikan secara mandiri sehingga mampu menerapkan konsep yang telah diperolehnya dan scaffolding memberi bantuan secukupnya kepada siswa berdasarkan pada bentuk kesulitan yang dialaminya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis literasi matematika ditinjau dari aspek self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi dengan desain eksplanatori sekuensial. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Sidorejo Tapah. Mereka digolongkan berdasarkan kategori self efficacy yaitu tinggi dan sedang. Pengumpulan data kuantitatif dengan tes literasi matematika dan pengumpulan data kualitatif adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) literasi matematika siswa dalam kategori sedang, (2) rata-rata literasi matematika siswa ditinjaudari self efficacy yang memperoleh pembelajaran problem solving learning dengan strategi scaffolding lebih dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (3) literasi matematika siswa dengan self efficacy tinggi hampir dapat menguasai semua indikator dengan baik, siswa dengan self efficacy sedang mampu menguasai beberapa indikator. Dapat disimpulkan bahwa problem solving learning dengan strategi scaffolding dapat meningkatkan literasi matematika siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: literasi matematika, self efficacy, problem solving learning model, scaffolding
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:27
Last Modified: 05 Apr 2023 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56889

Actions (login required)

View Item View Item