LESSON STUDY : PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DASAR DI PERGURUAN TINGGI


Mulyono, - LESSON STUDY : PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DASAR DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Karya Pendidikan Matematika.

[thumbnail of 56 Jurnal Karya Pend Mat Vol 5 no 2 Nov th 2018 101-106 - Seviana Arnanda Sari.pdf] PDF
Download (192kB)

Abstract

Pembelajaran matematika dasar masih dilakukan secara tradisional menggunakan metode ekspositori.namun ketikamahasiswa diminta untuk mempresentasikan hasil kerjanya, mahasiswa merasa kesulitan dalam menyatakan ulang konsep yang telah diajarkan karena sifat materi anti turunan yang sangat abstrak. Hal tersebut mengindikasikan rendahnya kemampuan pemahaman konsep mahasiswa. Perlu adanya pengembangan lembar kerja mahasiswa dengan pendekatan konstruktivisme yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui validitas lembar kerja mahasiswa dengan pendekatankonstruktivisme berbasis pendidikan karakter materi anti turunan.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan dari Borg & Gall. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa lembar kerja mahasiswa dengan pendekatankonstruktivisme berbasis pendidikan karaktermateri anti turunan valid dengan nilai rata-rata 3,8. Lembar kerja mahasiswa dengan pendekatan konstruktivisme materi anti turunan ini dapat diujicobakan di program studi non matematika yang memiliki mata kuliah matematika dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengembangan, lembar kerja mahasiswa, konstruktivisme
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:01
Last Modified: 05 Apr 2023 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56884

Actions (login required)

View Item View Item