Pengembangan Instrumen Self-Assessment untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium Calon Guru Kimia


Endang Susilaningsih, - (2018) Pengembangan Instrumen Self-Assessment untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium Calon Guru Kimia. Jurnal Profesi Keguruan, 4 (1). pp. 63-69. ISSN 2460-4399

[thumbnail of 14219-34992-1-PB.pdf] PDF
Download (358kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen self-assessment pada praktikum kimia dasar untuk meningkatkan keterampilan laboratorium calon guru kimia. Penelitian ini menggunakan pen�dekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian pengembangan di UIN Walisongo Semarang. Penelitian diawali dengan validasi instrumen self-assessment oleh pakar dengan kriteria sangat layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan instrumen self-assessment pada prakti�kum kimia dasar telah tercapai kesepahaman antar observer dengan harga koefisien generalisabilitas  0,7. Dampak penggunaan instrumen self-assessment adalah 24 dari 30 mahasiswa dengan rata-rata kinerja sangat baik, tanggapan mahasiswa sangat setuju yaitu 20 dari 30 mahasiswa dan dosen pengampu memberikan tanggapan sangat setuju dengan penggunaan instrumen ini. Implementasi instrumen self-assessment terbukti efektif meningkatkan keterampilan laboratorium calon guru kimia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Asesmen, Self-Assessment, Keterampilan Laboratorium
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:14
Last Modified: 07 Dec 2022 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53981

Actions (login required)

View Item View Item