PENGEMBANGAN VERTICAL VIDEO PADA PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES BERPENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA


Gilang Kusuma Lestari, 4101417149 (2021) PENGEMBANGAN VERTICAL VIDEO PADA PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES BERPENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417149 - Gilang Kusuma Lestari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (30MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran adalah suatu elemen krusial dalam pembelajaran. Disaat bersamaan, permasalahan yang diberikan pada siswa cenderung sederhana sehingga kemampuan koneksi matematis siswa kurang terbangun dan terindikasi masih rendah. Pengembangan media yang mendukung peningkatan kemampuan ini tentunya diperlukan. Video salah satu media yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan kaitan matematika dengan masalah kehidupan sehari-hari yang merupakan salah satu indikator kemampuan koneksi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan vertical video guna meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Pengembangan vertical video ini merupakan suatu bentuk inovasi media pembelajaran berupa video portrait yang disusun untuk mendampingi pembelajaran Model Eliciting Activities berpendekatan STEAM. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D Models atau Model 4P. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa perolehan persentase kelayakan vertical video dari aspek materi dan aspek media termasuk kategori layak digunakan. Lebih lanjut, hasil keterbacaan vertical video oleh siswa termasuk kategori sangat mudah dipahami. Sedangkan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa setelah diberikan media vertical video pada pembelajaran Model Eliciting Activities berpendekatan STEAM memperoleh skor gain ternormalisasi 0,53 yang termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Vertical Video, Pembelajaran MEAs, STEAM, Kemampuan Koneksi Matematis.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:12
Last Modified: 27 Jul 2022 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50627

Actions (login required)

View Item View Item