KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA PADA PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION


Novita Sasmita Cipnaning Tyas, 4101416128 (2020) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA PADA PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA PADA PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION]
Preview
PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA PADA PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) - Submitted Version
Download (606kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Tyas, N. S. C. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Drs. Arief Agoestanto, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Confidence, CIRC. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Semarang yang menerapkan pembelajaran CIRC mencapai ketuntasan dengan KKM yaitu 75 dan ketuntasan klasikal sebesar 75%, (2) untuk menguji rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Semarang dengan menggunakan pembelajaran CIRC lebih tinggi daripada dengan menggunakan pembelajaran Discovery Learning, (3) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Semarang ditinjau dari self-confidence. Penelitian ini adalah penelitian mixed methods dengan desain sequential explanatory. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dan penentuan subjek penelitian dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah (1) Rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan pembelajaran CIRC mencapai ketuntasan dengan KKM yaitu 75 dan ketuntasan klasikal sebesar 75%. (2) Rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran CIRC lebih tinggi daripada dengan menggunakan model Discovery Learning. (3) Berdasarkan hasil penelitian, subjek dengan self-confidence tinggi cenderung kurang unggul pada indikator menyatakan suatu permasalahan ke dalam bentuk gambar dan cenderung kurang unggul pada indikator mempresentasikan penyelesaian masalah matematis tertulis dengan terstruktur. Sedangkan subjek dengan self-confidence sedang cenderung kurang mampu menyatakan suatu permasalahan ke dalam bentuk gambar, cenderung unggul pada indikator mempresentasikan penyelesaian masalah matematis tertulis dengan terstruktur, dan cenderung kurang mampu menggunakan hasil penyelesaian yang diperoleh sebelumnya untuk menyelesaikan suatu permasalahan lain. Adapun subjek dengan self-confidence rendah cenderung unggul pada indikator menyatakan suatu permasalahan ke dalam bentuk gambar, cenderung kurang mampu mempresentasikan penyelesaian masalah matematis tertulis dengan terstruktur, dan cenderung tidak mampu menggunakan hasil penyelesaian yang diperoleh sebelumnya untuk menyelesaikan suatu permasalahan lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Confidence, CIRC.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 08 Jan 2021 08:54
Last Modified: 08 Jan 2021 08:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42807

Actions (login required)

View Item View Item