KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM RECIPROCAL TEACHING DENGAN RESITASI DAN SELF ASSESMENT
Muhammad Muhsin Riza’i, 0401516063 (2018) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM RECIPROCAL TEACHING DENGAN RESITASI DAN SELF ASSESMENT. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM RECIPROCAL TEACHING DENGAN RESITASI DAN SELF ASSESMENT)
- Submitted Version
Download (669kB) | Preview |
Abstract
Riza’i, Muhammad Muhsin, 2018. “Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dalam Reciprocal Teaching dengan Resitasi dan Self Assesement”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Kartono, M.Si., Pembimbing II Dr. Rochmad, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Kemandirian Belajar, Reciprocal Teaching, Resitasi, Self Assesement. Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan dalam mengkomunikasikan ide atau gagasan dalam bentuk gambar, persamaan matematika, ataupun keduanya untuk menyelesaikan suatu persoalan dalam pembelajaran. Selain itu, kemandirian belajar siswa juga diperlukan karena berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Maka diperlukan suatu inovasi pembelajaran yang mampu mengimprovisasi kemampuan representasi matematis serta menumbuhkan kemandirian belajar, yaitu reciprocal teaching dengan resitasi dan self assesment. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas reciprocal teaching dengan resitasi dan self assesmentterhadap kemampuan representasi matematis siswa, (2) mendeskripsikan kemampuan representasi matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa pada reciprocal teaching dengan resitasi dan self assesment; dan (3) mengetahui pengaruh kemandirian belajarterhadap kemampuan representasi matematis siswa dengan Reciprocal Teaching dengan resitasi dan self assesment. Penelitian ini berjenis mixed methode tipe concurred embedded design dimana desain penelitian kuantitatif adalah quasi experiment. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B MTs Urwatil Wutsqo Jepara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas reciprocal teaching dengan resitasi dan self assesment terhadap kemampuan representasi matematis siswa termasuk dalam kategori baik. Dalam aspek kemampuan representasi matematis, siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi mampu menguasai ketiga aspek representasi matematis dengan baik. Siswa dengan kemandirian belajar sedang mampu menguasai dua aspek representasi matematis dengan baik, dan penguasaan satu aspek representasi matematis dengan kategori cukup. Sedangkan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah hanya mampu menguasai satu aspek kemampuan representasi matematis dengan baik, namun belum mampu menguasai dua aspek representasi matematis lainnya. Selain itu, kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap kemampuan representasi matematis dalam reciprocal teaching dengan resitasi dan self assesement. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru memberikan bimbingan kepada siswa yang memiliki kemandirian belajar sedang dan rendah untuk selalu melakukan self assesment pada setiap proses pembelajaran, serta memberikan motivasi dengan meningkatkan kemandirian belajar dapat meningkatkan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Kemandirian Belajar, Reciprocal Teaching, Resitasi, Self Assesement. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 04:15 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 04:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41069 |
Actions (login required)
View Item |