ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP PADA PEMBELAJARAN PSPBL BERBANTUAN SMART POINT DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR


Qurrotul Ainiyah , 4101413135 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP PADA PEMBELAJARAN PSPBL BERBANTUAN SMART POINT DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413135.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (587kB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran matematika materi segiempat, kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Demak belum optimal. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut yakni pembelajaran PSPBL berbantuan smart point. Tujuan dari penelitian ini meliputi: (1) menguji kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada pembelajaran PSPBL berbantuan smart point mencapai ketuntasan belajar, (2) menguji kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada pembelajaran PSPBL berbantuan smart point lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada pembelajaran PSPBL, (3) menguji pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada pembelajaran PSPBL berbantuan smart point, dan (4) mengetahui tahap berpikir kritis matematis peserta didik dengan kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah pada pembelajaran PSPBL berbantuan smart point. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif didukung wawancara dengan desain penelitian Postest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Demak tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah uji proporsi, uji beda ratarata, analisis regresi, dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada pembelajaran PSPBL berbantuan smart point mencapai ketuntasan belajar, (2) kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada pembelajaran PSPBL berbantuan smart point lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada pembelajaran PSPBL, (3) kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada pembelajaran PSPBL berbantuan smart point, dan (4) peserta didik dengan kemandirian belajar tinggi memenuhi semua tahap berpikir kritis matematis peserta didik yaitu clarification, assessment, inference, dan strategy/tactics, peserta didik dengan kemandirian belajar sedang memenuhi dua tahap berpikir kritis matematis yaitu tahap clarification dan assessment dan peserta didik dengan kemandirian belajar rendah hanya memenuhi satu tahap berpikir kritis matematis yaitu clarification.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis matematis, pembelajaran PSPBL, smart point, kemandirian belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 18:55
Last Modified: 07 Jan 2019 18:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32147

Actions (login required)

View Item View Item