ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DALAM PBL BERTEMA DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA


Lifiati ‘Alimatunnisa , 4101413021 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DALAM PBL BERTEMA DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413021.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (330kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis siswa MTs Negeri Model Babakan masih rendah, dan ada kecenderungan cemas dalam mempelajari matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model pembelajaran PBL bertema dapat diterapkan untuk melatih kemampun penalaran matematis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas PBL bertema terhadap kemampuan penalaran matematis, (2) mengklasifikasi kecemasan matematika, dan (3) menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam pembelajaran PBL bertema ditinjau dari kecemasan matematika. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan concurrent embedded design. Penelitian kuantitatif menggunakan true experimental design yaitu pretest-posttest control group design. Penelitian kualitatif menggunakan purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII MTs Negeri Model Babakan dengan sampel kelas VIII I dan VIII H sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Subjek pada penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII I yang mewakili tingkat kecemasan matematika. Tes dan wawancara didasarkan pada indikator kemampuan penalaran matematis, yaitu: (1) mengajukan dugaan; (2) melakukan manipulasi matematika; (3) memeriksa keshahihan argumen; dan (4) menarik kesimpulan yang logis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajara dengan model PBL bertema masih kurang efektif karena masih belum memenuhi ketuntasan klasikal. Namun pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil dari skala kecemasan matematika diperoleh bahwa dari 37 siswa kelas VIII I, terdapat 10 siswa memiliki kecemasan matematika tinggi, 24 siswa memiliki kecemasan matematika sedang, dan 3 siswa memiliki kecemasan matematika rendah. Selain itu, diperoleh hasil analisis kemampuan penalaran matematis berdasarkan kecemasan matematika yaitu siswa dengan kecemasan matematika sedang dan tinggi mampu menguasai indikator 1, 3, dan 4, tidak mampu menguasai indikator 2 dan siswa dengan kecemasan matematika sedang mampu menguasai indikator 1, 3, dan 4, kurang mampu menguasai indikator 2. Siswa dengan tingkat kecemasan tinggi dan sedang mengalami kesulitan dalam melakukan manipulasi matematika. Kesulitan tersebut dikarenakan terdapat kesalahan dalam menghitung, penggunaan konsep yang kurang tepat, kurangnya pemahaman materi prasyarat, dan perasaan gugup pada saat mengerjakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Model PBL Bertema, Kecemasan Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 16:31
Last Modified: 03 Jan 2019 16:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32099

Actions (login required)

View Item View Item