HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS AHMAD YANI KABUPATEN KUDUS
Wiwik Nor IndahSari , 1401413005 (2017) HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS AHMAD YANI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian yaitu data awal hasil observasi diketahui bahwa siswa kelas V SDN Gugus Ahmad Yani sebagian besar sikap belajar dan efikasi dirinya masing kurang, hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika, maka diteliti sikap belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika di SDN Gugus Ahmad Yani Kabupaten Kudus dengan tujuan penelitian untuk: (1) menguji adanya hubungan yang positif dan signifikan sikap belajar dan hasil belajar matematika, (2) menguji hubungan yang positif dan signifikan efikasi diri dan hasil belajar matematika, dan (3) menguji adanya hubungan yang positif dan signifikan sikap belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini ialah penelitian korelasi sejajar. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 85 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Teknik Sampling Jenuh, yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel. Variabel penelitian ini adalah sikap belajar, efikasi diri, dan hasil belajar matematika. Data dikumpulkan dengan teknik nontes berupa wawancara, skala sikap, skala efikasi diri, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat, uji hipotesis, dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) adanya hubungan yang positif dan signifikan sikap belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,483 termasuk pada kategori sedang dengan r tabel sebesar 0,213 dan taraf kesalahan 5%;(2) adanya hubungan yang positif dan signifikan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,423 termasuk pada kategori kuat dengan r tabel 0,213 dan taraf kesalahan 5%;(3) adanya hubungan yang positif dan signifikan sikap belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,645 termasuk pada kategori kuat dengan r tabel 0,213 dan taraf kesalahan 5%. Simpulan penelitian yaitu sikap belajar dan efikasi diri mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Ahmad Yani Kabupaten Kudus. Saran dari peneliti yaitu guru hendaknya membantu siswa dalam menumbuhkan sikap belajar dan memahami efikasi diri siswa melalui berbagai model pembelajaran yang digunakan di kelas
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sikap belajar; efikasi diri: hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Motivating Learners L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 21 May 2018 12:46 |
Last Modified: | 21 May 2018 12:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30092 |
Actions (login required)
View Item |