ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK


Kiky Purwaningsih , 4101412110 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412110.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (242kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep menjadi salah satu fokus pembelajaran yang penting dalam pembelajaran matematika. Namun, pemahaman konsep siswa di SMP Negeri 1 Sumpiuh masih belum optimal. Salah satu upaya untuk mengatasi hal ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat menggali kemampuan pemahaman konsep yaitu pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan tipe kepribadian peserta didik; (2) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) materi segiempat ditinjau dari tipe kepribadian Guardian, Artisan, Idealist, dan Rational. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri 8 siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Sumpiuh yang terdiri dari 2 siswa tiap tipe kepribadian Guardian, Artisan, Idealist, dan Rational. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis mengacu pada indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yakni: (1) indikator menyatakan ulang sebuah konsep (K1); (2) indikator mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai konsepnya (K2); (3) indikator memberikan contoh dan bukan contoh (K3); indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematik (K4); (5) indikator mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep (K5); (6) indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu (K6); dan (7) indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah (K7). Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: tahap reduksi, tahap penyajian data, tahap membuat simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil penyebaran angket tipe kepribadian di kelas VII H dari 32 siswa terdapat 4 siswa Artisan, 15 siswa Idealist, 3 siswa Guardian, 9 siswa Rational dan 1 siswa Artisan dan Rational; (2) Siswa tipe Artisan cenderung baik, mampu K1, 2, 3, 5, 6, dan 7, namun kurang mampu K4; Siswa tipe Idealist cenderung sangat baik mampu K1, 2, 3, 4, 5, 6, 7; Siswa tipe Guardian cenderung cukup, mampu K1, 2, 3, dan 4, namun kurang mampu K5, 6, dan 7; Siswa tipe Rational cenderung baik, mampu K1, 2, 3, 5, 6, dan 7, namun kurang mampu K4.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, CTL, Tipe Kepribadian.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 10 Jan 2018 13:18
Last Modified: 10 Jan 2018 13:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29029

Actions (login required)

View Item View Item