ANALISIS PROSES MATEMATISASI SISWA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN KARTU MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF


Ika Yani , 4101412062 (2016) ANALISIS PROSES MATEMATISASI SISWA KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN KARTU MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412062.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses matematisasi adalah suatu proses untuk mematematikakan suatu fenomena. Proses matematisasi dibagi menjadi dua, yaitu matematisasi horizontal dan matematisasi vertikal. Siswa memiliki strategi pemecahan masalah matematika yang banyak dipengaruhi oleh gaya kognitif siswa. Salah satunya gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan proses matematisasi siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok dengan pembelajaran pendekatan RME berbantuan kartu masalah lebih baik dibandingkan pembelajaran pendekatan scientific, peningkatan kemampuan proses matematisasi siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok dengan pembelajaran pendekatan RME berbantuan kartu masalah lebih baik dibandingkan dengan pendekatan scientific ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif, proses matematisasi siswa kelas VIII dengan pendekatan RME berbantuan kartu masalah ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods model concurrent embedded. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 1 Batang dengan sampel kelas VIII C dan VIII F. Dipilih 12 siswa sebagai subjek penelitian. Data diambil dengan observasi, wawancara, serta tes dan dianalisis dengan uji beda rata-rata satu pihak kanan dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan proses matematisasi siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok dengan pembelajaran pendekatan RME berbantuan kartu masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran pendekatan scientific, peningkatan kemampuan proses matematisasi siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok dengan pembelajaran pendekatan RME berbantuan kartu masalah lebih baik di bandingkan dengan pembelajaran pendekatan scientific ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Subjek reflektif kelompok atas,tengah, dan bawah teridentifikasi memenuhi semua indikator proses matematisasi horizontal kemudian subjek reflektif kelompok atas dan tengah teridentifikasi memenuhi semua indikator proses matematisasi vertikal tetapi untuk kelompok bawah hanya dapat memenuhi beberapa indikator proses matematisasi vertikal. Subjek impulsif kelompok atas dan tengah teridentifikasi memenuhi semua indikator proses matematisasi horizontal tetapi untuk kelompok bawah hanya dapat memenuhi beberapa indikator proses matematisasi horizontal, kemudian Subjek impulsif kelompok atas teridentifikasi dapat memenuhi semua indikator proses matematisasi vertikal tetapi untuk kelompok tengah dan bawah hanya dapat memenuhi beberapa indikator proses matematisasi vertikal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Matematisasi, RME, Gaya Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 17:30
Last Modified: 09 Jan 2018 17:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28994

Actions (login required)

View Item View Item