KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CPS BERBANTUAN FUN CARD PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
Sara Nurul Hidayah , 4101412136 (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CPS BERBANTUAN FUN CARD PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (380kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa. Pencapaian kemampuan pemecahan masalah siswa dapat dilakukan melalui pembelajaran CPS berbantuan Fun Card. Pembelajaran ini melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar, sehingga siswa diharapkan mampu memiliki kemampuan pemecahan masalah yang optimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) menganalisis keefektifan pembelajaran CPS berbantuan Fun Card pada pencapaian kemampuan pemecahan siswa, dan (2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan siswa pada pembelajaran CPS berbantuan Fun Card. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi tipe sequential explanatory. Penelitian kuantitatif menggunakan Pre-Eksperimental Design tipe One Shoot Case Study. Penelitian kualitatif menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 40 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, diperoleh satu kelas sampel, yaitu kelas VII H sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran CPS berbantuan Fun Card efektif pada pencapaian kemampuan pemecahan masalah siswa, hasil ini ditunjukkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran CPS berbantuan Fun Card mencapai ketuntasan; aktivitas siswa dan guru dalam kategori sangat baik; respon siswa terhadap pembelajaran CPS berbantuan Fun Card positif. (2) Deskripsi kemampuan pemecahan masalah siswa pada setiap kelompok adalah sebagai berikut: (a) subjek pada kelompok atas mampu menerapkan dan menyesuaikan berbagai macam strategi untuk memecahkan masalah yang melibatkan keliling jajargejang dan belah ketupat, memecahkan masalah yang timbul dengan melibatkan perbandingan dan luas persegi, menambahkan pengetahuan baru melalui pemecahan masalah yang melibatkan gabungan dua persegi dan variabel, serta mengamati dan mengembangkan proses pemecahan masalah yang berkaitan dengan luas persegi panjang dan jajargenjang; (b) subjek pada kelompok tengah mampu menerapkan dan menyesuaikan berbagai macam strategi untuk memecahkan masalah yang melibatkan keliling jajargejang, memecahkan masalah yang timbul dengan melibatkan luas persegi, serta mengamati dan mengembangkan proses pemecahan masalah yang berkaitan dengan luas persegi panjang dan jajargenjang; (c) subjek pada kelompok bawah mampu menerapkan dan menyesuaikan berbagai macam strategi yang cocok yang melibatkan keliling jajargejang, serta mengamati dan mengembangkan proses pemecahan masalah yang melibatkan gabungan dua persegi dan variabel.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CPS, Fun Card, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 28 Dec 2017 18:53 |
Last Modified: | 28 Dec 2017 18:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28749 |
Actions (login required)
View Item |