PENGARUH PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS ADIWIYATA KABUPATEN BANYUMAS

Tifani Hermawan , 1401413022 (2017) PENGARUH PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS ADIWIYATA KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (727Kb)

    Abstract

    Keterampilan menulis penting dikuasai oleh siswa karena dapat meningkatkan daya ingat, siswa dapat berpikir kritis dan menulis dapat melatih kepekaan siswa terhadap lingkungan sekitar. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah diakukan kemampuan menulis khususnya kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD di Gugus Adiwiyata Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas menunjukkan bahwa siswa belum sepenuhnya menguasai keterampilan menulis karangan narasi. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh penguasaan kalimat efektif dan motivasi terhadap kemampuan menulis narasi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah expost facto dengan analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Gugus Adiwiyata Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas yang berjumlah 253 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Krecjie dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 146 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, tes, analisis dokumen dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara, instrumen tes, pedoman penilaian, dan angket. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan berganda, uji t, uji F, serta koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan variabel bebas dalam penelitian ini memberikan pengaruh terhadap variabel terikat. Terdapat pengaruh penguasaan kalimat efektif terhadap kemampuan menulis narasi siswa dengan kontribusi pengaruh sebesar 21,3%. Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan menulis narasi dengan kontribusi sebesar 10,3%. Terdapat pengaruh antara penguasaan kalimat efektif dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel yaitu 45,147 > 3,05 dan nilai kontribusi pengaruh sebesar 38,7%, sedangkan 31,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil tersebut, maka guru hendaknya dapat meningkatkan penguasaan kalimat efektif dan motivasi belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis narasi; motivasi belajar; penguasaan kalimat efektif
    Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 21 May 2018 10:30
    Last Modified: 21 May 2018 10:30

    Actions (login required)

    View Item