UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DENGAN BANTUAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA N 1 WELERI KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010


Nurul Fitriana, 3101406040 (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DENGAN BANTUAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA N 1 WELERI KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of  UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DENGAN BANTUAN METODE DISKUSI KELOMPOK  PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA N 1 WELERI KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010] Microsoft Word ( UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DENGAN BANTUAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA N 1 WELERI KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (46kB)

Abstract

Fitriana, Nurul. 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Melalui Strategi Question Student Have dengan Bantuan Metode Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA N 1 Weleri Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Drs. Karyono, M.Hum dan Insan Fahmi Siregar, S.Ag., M.Hum. Kata Kunci: Hasil Belajar, Strategi Question Student Have, Metode Diskusi Kelompok. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Weleri memiliki hasil belajar yang kurang maksimal. Hal ini dibuktikan masih banyaknya siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah khususnya dalam pembelajaran sejarah. Penyebabnya adalah kurangnya kemampuan guru dalam menstimulus siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga siswa bersifat pasif. Strategi Question Student Have merupakan salah satu strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran dan menstimulus siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Dengan bantuan metode diskusi kelompok diharapkan mampu memperlancar proses pembelajaran dan merangsang kerjasama yang positif antar siswa sehingga diperoleh hasil belajar yang maksimal. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah strategi Question Student Have dengan bantuan metode diskusi kelompok pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Weleri Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2009/2010? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan penerapan strategi Question Student Have dengan bantuan metode diskusi kelompok yang terdiri dari 2 siklus dengan subyek penelitian siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Weleri Kendal tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian difokuskan pada hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi Question Studen Have dengan bantuan metode diskusi kelompok dalam proses pembelajaran di kelas. Data diperoleh melalui hasil tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi Question Student Have dengan bantuan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan kinerja guru dan keaktifan siswa dalam suatu proses pembelajaran. Peningkatan ini juga diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Weleri Kendal tahun pelajaran 2009/2010. Terbukti dengan sebelum diadakan penelitian, hasil belajar sejarah siswa diperoleh nilai rata-rata 68,67 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 46,1%. Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas diperoleh nilai rata-rata 71 pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 64,1%. Kemudian pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar sejarah siswa yaitu nilai rata-rata 82,4 dengan ketuntasan klasikal 89,7%. Pada siklus II nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal telah mencapai indikator keberhasilan ketuntasan minimal yaitu nilai ketuntasan belajar ≥ 70 dengan ketuntasan klasikal 85%. Simpulan dari hasil penelitian dan pembahasan adalah strategi pembelajaran Question Student Have mampu meningkatkan kinerja guru dan juga mampu mengaktifkan siswa dalam suatu proses pembelajaran. Peningkatan ini juga diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa setelah mengalami proses pembelajaran. Disarankan kepada guru perlu mengupayakan variasi strategi maupun metode dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran sejarah. Guru sejarah dapat menggunakan strategi pembelajaran Question Student Have dengan bantuan metode diskusi kelompok sebagai salah satu alternatif atau solusi dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan keaktifan, pemahaman, dan hasil belajar siswa serta menjadikan pembelajaran menyenangkan dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Strategi Question Student Have, Metode Diskusi Kelompok.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 05:18
Last Modified: 29 Nov 2011 05:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9990

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item