MEKANISME DAN TROUBLESHOOTING SISTEM KEMUDI POWER STEERING TIPE RACK AND PINION PADA MOBIL TOYOTA KIJANG 5K


: Lutfi Siddiq , 5250305531 (2011) MEKANISME DAN TROUBLESHOOTING SISTEM KEMUDI POWER STEERING TIPE RACK AND PINION PADA MOBIL TOYOTA KIJANG 5K. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of  MEKANISME DAN TROUBLESHOOTING SISTEM KEMUDI POWER STEERING TIPE RACK AND PINION PADA MOBIL TOYOTA KIJANG 5K] Microsoft Word ( MEKANISME DAN TROUBLESHOOTING SISTEM KEMUDI POWER STEERING TIPE RACK AND PINION PADA MOBIL TOYOTA KIJANG 5K) - Published Version
Download (46kB)

Abstract

Siddiq, Lutfi. 2010. Mekanisme dan Troubleshooting Sistem Kemudi Power Steering Tipe Rack and Pinion pada Toyota Kijang seri 5K. Proyek Akhir. Teknik Mesin DIII. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang. Sistem kemudi power steering merupakan perpaduan antara mekanisme steering, power steering, suspensi, dan roda. Permasalahannya adalah bagaimana konstruksi sistem kemudi power steering, cara kerja komponen, mengetahui troubleshooting yang ter jadi, serta cara perawatan dan pemeliharaannya agar berdaya guna maksimal dan jangka waktu pemakaian yang lama. Sistem kemudi power steering tipe Rack and Pinion terdiri dari : gear housing, steering rack, power cylinder, control valve, vane pump, tie rod, turn pressure. Semua itu adalah faktor yang terkait dengan FWA (Front Wheel Aligment). Power steering adalah suatu peralatan yang bekerja dengan bantuan tekanan hidrolik untuk memperingan kemudi. Sumber tenaganya didapat dari pompa (vane pump) yang bekerja berdasarkan putaran mesin. Tekanan fluida pada mekanisme sistem power steering akan membantu memutar roda kemudi menjadi ringan meskipun pada kecepatan rendah. Troubleshooting yang biasa terjadi pada sistem kemudi Power Steering tipe Rack and Pinion ada 4 antara lain : 1) kemudi berat, tindakan yang perlu dilakukan seperti, memeriksa power steering belt kemudian setel apabila belt masih bisa digunakan atau ganti apabila retak atau aus, memeriksa level minyak, memeriksa kebocoran minyak pastikan tidak ada kebocoran pada sambungan selang dan baut-baut, memeriksa backlash steering gear, memeriksa steering linkage pastikan tidak terjadi gesekan steering linkage dengan bodi, memeriksa ball joint. 2) gerak bebas roda kemudi berlebihan, maka dilakukan tindakan sebagai berikut, memeriksa steering column, memeriksa roda kemudi, memeriksa linkage, memeriksa backlash steering gear, memeriksa bearing roda. 3) steering melayang (wandering), tindakan yang perlu dilakukan adalah memeriksa main shaft dan universal joint lumasi dengan menggunakan grease, memeriksa steering preload, memeriksa steering gaer housing pastikan contol valve bebas dari kotoran, memeriksa bearing roda. 4) wheel steer tersendat maka dilakukan tindakan melepas katup pengatur kemudian membersihkan katup pengatur. Perawatan (pemeliharaan) sangatlah penting untuk menjaga performance dari power steering agar selalu baik kondisinya dan siap pakai. Perawatan sistem kemudi power steering secara terencana (preventif ) mencegah kerusakan yang timbul, maupun secara mendadak (korektif) dapat meningkatkan daya guna dan memperpanjang masa pemakaian system kemudi power steering.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 05:12
Last Modified: 29 Nov 2011 05:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9960

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item