Survei Pembelajaran Permainan Tradisional Pada Sekolah Dasar Se- Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010
Mardhliyah, 6101908042 (2011) Survei Pembelajaran Permainan Tradisional Pada Sekolah Dasar Se- Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.
This is the latest version of this item.
Microsoft Word (Survei Pembelajaran Permainan Tradisional Pada Sekolah Dasar Se- Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010)
- Published Version
Download (52kB) |
Abstract
Mardhliyah 2010 Skripsi “ Survei Pembelajaran Permainan Tradisional Pada Sekolah Dasar Se- Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010 “ Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana pembelajaran Permainan Tradisional pada sekolah dasar se- Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Tujuan dari peneliti ini adlah untuk mengetahui proses pembelajaran permainan tradisional pada sekolah dsar se-kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah 32 Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan pada 49 sekolah dasar yang terdapat di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Tehnik pengambilan sempelnya adalah menggunakan total sampling yaitu semua guru oendidikan jasmani dan kesehatan pada sekolah dasar se-kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Sehingga semua guru pendidikan jasmani dan kesehatan se-kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang sebanyak 32 orang dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, angket/kuesioner. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan metode survey. Analisis data yang digunakan adalah tehnik deskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian setelah data dianalisis bahwa pembelajaran permainan tradisional di sekolah dasar se-kecamatan Ungaran Barat kabupaten Semarang tergolong sangat baik. Data yang dianalisis diperoleh sebagai berikut : untuk ketersediaan waktu = 90,62%, materi pembelajaran permainan tradisional = 89,40%, motivasi = 95,66%, fasilitas = 93,54%, dan faktor penunjang = 89,61%. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah : 1) untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran permainan tradisional di sekolah dasar perlu ditingkatkan kemampuan kompetensi guru pendidikan jasmani dan kesehatan. 2) penyediaan sarana dan prasarana permainan tradisional sangat diperlukan untuk menunjang terlaksananya permainan tradisional. 3) permainan tradisional merupakan salah satu warisan budaya sehingga perlu dilestarikan, untuk itu guru pendidikan jasmani hendaknya selalu memperkenalkan permainan tradisional dan meningkatkan lagi pembelajaran permainan tradisional pada tahun berikutnya 2010-2011 agar permainan tradisional tetap ada dan tidak punah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 3258 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2011 08:55 |
Last Modified: | 27 Nov 2011 08:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9652 |
Available Versions of this Item
-
Survei Pembelajaran Permainan Tradisional Pada Sekolah Dasar Se- Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. (deposited 27 Nov 2011 08:55)
- Survei Pembelajaran Permainan Tradisional Pada Sekolah Dasar Se- Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. (deposited 27 Nov 2011 08:55) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |