PENGARUH VARIASI PENYETELAN CELAH KATUP BUANG TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA ISUZU C190
Dhanang Siswadi , 5250306014 (2011) PENGARUH VARIASI PENYETELAN CELAH KATUP BUANG TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA ISUZU C190. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH VARIASI PENYETELAN CELAH KATUP BUANG TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA ISUZU C190)
- Published Version
Download (84kB) | Preview |
Abstract
Siwadi, Dhanang. 2009. PENGARUH VARIASI PENYETELAN CELAH KATUP BUANG TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA ISUZU C190. Proyek Akhir. Teknik Mesin D3. Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Tujuan dari penulisan Proyek Akhir ini adalah untuk mengkaji prinsip dasar, konstruksi, fungsi, cara kerja dan mengetahui pengaruh variasi penyetelan celah katup buang terhadap konsumsi bahan bakar pada mekanisme katup Isuzu C190, sehingga penulis dapat memperoleh manfaat tentang pengetahuan dan mampu menjelaskan tentang komponen, cara kerja dan fungsi mekanisme pada Isuzu C190. Metode pengumpulan data dalam menyusun laporan Proyek Akhir menggunakan metode observasi atau pengamatan langsung terhadap bahan tugas akhir, metode Pustaka digunakan untuk melakukan kajian-kajian teoritis mekanisme katup pada Isuzu C190, dilakukan dengan cara mencari data melalui buku-buku literature yang berhubungan dengan mekanisme katup pada Isuzu C190. Mesin Isuzu C190 merupakan suatu sistem yang bergerak. Dimana sistem tersebut terdiri dari beberapa sub-sub sistem antara lain mekanik penggerak, pelumasan, bahan bakar kelistrikan, pengapian dan lain-lain. Pada bagian kepala silinder terdapat beberapa komponen yang merupakan sistem dalam mengatur pemasukan bahan bakar dan pengeluaran gas sisa pembakaran, yang disebut sebagai sistem mekanisme katup.Komponen-komponen dalam mekanisme katup antara lain: valve, pegas katup, rocker arm, valve lifter, camshaft dan lain-lain. Pada mekanisme katup penyetelan celah katup dapat mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar dan tenaga mesin yang dihasilkan oleh mesin pada setiap jenjang putaran mesin. Penyetelan celah katup buang divariasikan dua tingkat dibawah spesifikasi (0,20 mm dan 0,30 mm) dan dua tingkat diatas spesifikasi (0,50 mm dan 0,60 mm) untuk mengetahui konsumsi bahan bakar dan putaran mesin. Hasil dari percobaan variasi penyetelan celah katup buang adalah: pada celah 0,2 mm konsumsi bahan bakar 0,312 ml/dtk dengan putaran mesin 1803,33; pada celah 0,3 mm konsumsi bahan bakar 0,289 ml/dtk dengan putaran mesin 1703,33; pada celah 0,4 mm konsumsi bahan bakar 0,253 dengan putaran mesin 1600; pada celah 0,5 mm konsumsi bahan bakar 0,249 ml/dtk dengan putaran mesin 1303,33; pada celah 0,6 mm konsumsi bahan bakar 0,233 ml/dtk dengan putaran mesin 1000. Perubahan celah katup mempengaruhi jumlah konsumsi bahan bakar pada motor diesel dan konsumsi bahan bakar akan mengalami kenaikan seiring kenaikan putaran mesin.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3 |
Depositing User: | Users 3261 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2011 08:55 |
Last Modified: | 27 Nov 2011 08:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9647 |
Actions (login required)
View Item |