FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MEMBACA BUKU REFERENSI MATA PELAJARAN IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2009/2010


Isnawati Meiningrum, 3201406526 (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MEMBACA BUKU REFERENSI MATA PELAJARAN IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MEMBACA BUKU REFERENSI MATA PELAJARAN IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2009/2010] Microsoft Word (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MEMBACA BUKU REFERENSI MATA PELAJARAN IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (54kB)

Abstract

Meiningrum, Isnawati. 2010. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Membaca Buku Referensi Mata Pelajaran IPS Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kandangan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Kata kunci : minat membaca, buku referensi, mata pelajaran IPS geografi Membaca pada dasarnya merupakan dasar penguasaan dari suatu ilmu. Dengan membaca diharapkan penguasaan dari suatu ilmu tidak akan hilang. Namun pada kenyataannya membaca masih sangat sulit dilakukan sebagai suatu kebiasaan. Ternyata ketekunan siswa dalam membaca dipengaruhi oleh beberapa faktor. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah minat membaca buku refernsi mata pelajaran IPS geografi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kandangan, Temanggung? (2) Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi minat membaca buku referensi mata pelajaran IPS geografi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kandangan Temanggung?. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui tingkat minat membaca buku refernsi mata pelajaran IPS geografi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kandangan Temanggung dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat membaca buku referensi mata pelajaran IPS geografi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kandangan Temanggung. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kandangan dengan jumlah 256 siswa. Sedangkan untuk sampelnya sebanyak 66 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proporsional random sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi minat membaca buku referensi mata pelajaran IPS geografi. Metode pengumpulan data yang digunakan metode angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat minat baca buku referensi mata pelajaran IPS geografi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kandangan dalam kategori tinggi yaitu sebesar (51,52%) atau sebanyak 34 responden memiliki minat yang tinggi dalam membaca. Secara keseluruhan dari nilai rata-rata antara nilai faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik yang terdiri dari enam indikator yang meliputi senang/tidaknya membaca, kesadaran akan manfaat membaca, tujuan membaca, dorongan dari teman, dorongan dari orang tua dan dorongan dari guru diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat membaca buku referensi mata pelajaran IPS geografi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kandangan Temanggung dalam kategori tinggi. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa tingkat minat membaca buku referensi mata pelajaran IPS geografi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kandangan dalam kategori tinggi. Faktor instrinsik memberikan pengaruh lebih besar terhadap minat membaca buku referensi mata pelajaran IPS geografi bila dibandingkan dengan faktor ekstrinsik. Secara keseluruhan antara faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik dalam kategori tinggi. Saran yang dapat diberikan penulis adalah (1) Penyediaan buku-buku koleksi perpustakaan yang mendukung mata viii 9 pelajaran IPS geografi perlu ditambah dengan sumber bacaan yang menarik, sehingga minat membaca siswa akan semakin meningkat, (2) Siswa dengan minat membaca yang masih dalam kategori rendah, perlu diberikan motivasi sehingga akan meningkatkan minat membaca buku-buku pelajaran khususnya geografi, dan (3) Guru dapat membantu dengan menunjukkan sumber bacaan apa saja yang baik bagi siswa dalam mata pelajaran khususnya IPS geografi. ix

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat membaca, buku referensi, mata pelajaran IPS geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 09:01
Last Modified: 27 Nov 2011 09:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9593

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item