Pengaruh Pengajaran Dengan Menggunakan Komik Kartun terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pokok Bahasan Mekanika Fluida
Norma Sidik Risdianto, 4201406007 (2011) Pengaruh Pengajaran Dengan Menggunakan Komik Kartun terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pokok Bahasan Mekanika Fluida. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang(UNNES).
This is the latest version of this item.
Microsoft Word (Pengaruh Pengajaran Dengan Menggunakan Komik Kartun terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pokok Bahasan Mekanika Fluida)
- Published Version
Download (55kB) |
Abstract
ABSTRAK Risdianto, Norma Sidik. 2010. Pengaruh Pengajaran Dengan Menggunakan Komik Kartun terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pokok Bahasan Mekanika Fluida. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Mosik, M.S, Pembimbing II: Dr. Ani Rusilowati, M.Pd. Kata kunci: hasil belajar, komik kartun, peningkatan Dari data nilai ulangan semester gasal mata pelajaran Fisika didapat bahwa rata-rata nilai siswa kelas XI IPA SMA 1 Wonosobo hanya sekitar 60,13-63,22 saja. Nilai KKM untuk pelajaran Fisika adalah 7,5. Rendahnya nilai pelajaran fisika ini dikarenakan kejenuhan dan ketidaktertarikan sebagian besar siswa pada pelajaran Fisika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan komik kartun sebagai media untuk membantu dalam pengajaran sehingga didapatkan hasil belajar yang lebih baik. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini agar untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan komik kartun dengan yang diajar dengan cara konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Pengambilan kelas menggunakan teknik random sampling diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan dokumentasi, tes, angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji beda t-test dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dan afektif kelas eksperimen dan kontrol. Perbedaan hasil belajar kognitif ditunjukkan oleh harga t hitung sebesar 2,04 dengan t tabel sebesar 2,00. Ini berarti kelas eksperimen mendapat hasil yang lebih baik. Perbedaan hasil belajar kognitif juga ditunjukkan dengan uji gain. Kelas eksperimen memperoleh gain sebesar 50,44% sedangkan kelas kontrol hanya sebesar 43,49%. Perbedaan hasil belajar afektif ditunjukkan dengan lebih tingginya tingkat keaktifan siswa eksperimen dibanding kelas kontrol yang ditunjukkan pada masing-masing penilaian afektif. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar menggunakan komik kartun pada pembelajaran lebih baik daripada penggunaan buku ajar konvensional.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, komik kartun, peningkatan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 3259 not found. |
Date Deposited: | 26 Nov 2011 23:45 |
Last Modified: | 26 Nov 2011 23:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9434 |
Available Versions of this Item
-
Pengaruh Pengajaran Dengan Menggunakan Komik Kartun terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pokok Bahasan Mekanika Fluida. (deposited 18 Nov 2011 00:24)
- Pengaruh Pengajaran Dengan Menggunakan Komik Kartun terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pokok Bahasan Mekanika Fluida. (deposited 26 Nov 2011 23:45) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |