Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Think-Pair- Share (TPS) Berbasis Investigasi Berbantuan CD Pembelajaran pada Pencapaian Hasil Belajar Materi Pokok Bidang Datar Siswa Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 15 Semarang Tahun 2009/2010.


Wahyu Citra Pertiwi , 4101406056 (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Think-Pair- Share (TPS) Berbasis Investigasi Berbantuan CD Pembelajaran pada Pencapaian Hasil Belajar Materi Pokok Bidang Datar Siswa Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 15 Semarang Tahun 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Think-Pair- Share (TPS) Berbasis Investigasi Berbantuan CD Pembelajaran pada Pencapaian Hasil Belajar Materi Pokok Bidang Datar Siswa Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 15 Semarang Tahun 2009/2010.]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Think-Pair- Share (TPS) Berbasis Investigasi Berbantuan CD Pembelajaran pada Pencapaian Hasil Belajar Materi Pokok Bidang Datar Siswa Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 15 Semarang Tahun 2009/2010.) - Published Version
Download (590kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adakah perbedaaan rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis investigasi berbantuan CD pembelajaran, TPS berbantuan alat peraga serta model pembelajaran langsung, (2) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis investigasi berbantuan CD pembelajaran lebih baik dari kedua model lainnya, (3) untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran TPS berbasis investigasi berbantuan CD pembelajaran mencapai ketuntasan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester 2 SMP Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah seluruhnya 288 siswa. Sampel penelitian ini terbagi dalam kelompok eksperimen I menggunakan model pembelajaran TPS berbasis investigasi berbantuan CD pembelajaran sebanyak 32 siswa, kelompok eksperimen II menggunakan model pembelajaran TPS berbantuan alat peraga sebanyak 32 siswa dan kelompok kontrol dengan model pembelajaran langsung sebanyak 32 siswa. Untuk memperoleh data digunakan tes pada tiap kelompok dalam bentuk uraian. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians satu arah (One-Way ANOVA). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 82,75, kelas eksperimen II sebesar 75,15 dan kelas kontrol sebesar 71,84. Hasil analisis varians diperoleh nilai F = 7,388 pada taraf signifikansi (α = 5%) diperoleh nilai kritis ( = 0,001), karena < α maka H0 ditolak. Dari analisis uji lanjut pembandingan ganda Scheffe diperoleh kesimpulan kelas eksperimen I berbeda signifikan dengan kelas eksperimen II dan kelas kontrol, serta hasil perhitungan interval kepercayaan kelas eksperimen I lebih tinggi daripada kelas eksperimen II dan kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa dengan model pembelajaran TPS berbasis investigasi berbantuan CD pembelajaran , TPS berbantuan alat peraga serta siswa dengan pembelajaran langsung, (2) rata-rata hasil belajar dengan pembelajaran TPS berbasis investigasi berbantuan CD pembelajaran lebih tinggi dari kelas sampel yang lain, (3) rata-rata hasil belajar dengan pembelajaran TPS berbasis investigasi berbantuan CD pembelajaran mencapai ketuntasan. Saran penelitian ini adalah guru diharapkan dapat menyusun perencanaan waktu dan bahan pengajaran yang cukup matang dan lebih kreatif dalam perencanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Think-Pair-Share, Investigasi, CD Pembelajaran, Hasil Belaj
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Apr 2011 04:39
Last Modified: 25 Apr 2015 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item