PENERAPAN ACTIVE LEARNING QUESTION STUDENT HAVE (QSH) DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH KELAS VIII D DI SMP NEGERI 2 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN
Faerulia, 3101406503 (2011) PENERAPAN ACTIVE LEARNING QUESTION STUDENT HAVE (QSH) DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH KELAS VIII D DI SMP NEGERI 2 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).
Microsoft Word (PENERAPAN ACTIVE LEARNING QUESTION STUDENT HAVE (QSH) DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH KELAS VIII D DI SMP NEGERI 2 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN)
Download (73kB) |
Abstract
Faerulia, 2010. Penerapan Active Learning Question Student Have dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sejarah Kelas VIII D di SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembelajaran IPS sejarah di kelas VIII D SMP Negeri 2 kedungwuni masih maksimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang masih rendah. Dalam proses belajar mengajar dikelas guru lebih banyak berperan terhadap jalannya pembelajaran sedangkan peran aktif siswa tidak begitu diperhatikan oleh guru. Metode yang digunakan guru dalam mengajar masih menggunakan metode ceramah. Selain itu penggunaan media pembelajaran dikelas juga masih kurang.Penggunaan model Active Learning Question Student Have dengan dipadukan media powerpoint dalam pembelajaran IPS sejarah diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Kedungwuni. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah model Active Learning Question Student Have (QSH) dengan media Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS sejarah kelas VIII D di SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Dalam setiap siklus dilakukan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII D yang terdiri dari 38 orang. Siswa dinyatakan tuntas apabila nilai tes evaluasi IPS sejarahnya lebih dari atau sama dengan 65. Sebelum diadakan penelitian, hasil belajar siswa masih rendah. Prosentase ketuntasannya hanya 43,24%. Kemudian setelah dilakukan siklus I naik menjadi.67,57% namun hasil tersebut masih belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal. Oleh karena itu kemudian dilakukan siklus II agar hasil belajar siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan klasikal. Pada siklus II menunjukkan hasil yang lebih baik. Hasil belajar pada siklus II ini mengalami peningkatan menjadi 84,21% Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Active Learning Question Student Have dipadukan dengan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru hendaknya senantiasa mengembangkan kemampuannya dalam menggunakan model pembelajaran yang variatif agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam mendengarkan penjelasan dari guru., sehingga dapat tercapai pembelajaran yang efektif. Model Active Learning QSH ini merupakan salah satu model pembelajaran yang variatif yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa, Perlu adanya penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini Kata kunci : Active Learning Question Student Have, media Powerpoint, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 3314 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2011 09:26 |
Last Modified: | 27 Nov 2011 09:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9319 |
Actions (login required)
View Item |