PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN PKN KELAS IV SD N TANGKIL TENGAH KABUPATEN PEKALONGAN


Akhmad Mudzakir , 1401909024 (2011) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN PKN KELAS IV SD N TANGKIL TENGAH KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN PKN KELAS IV SD N TANGKIL TENGAH KABUPATEN PEKALONGAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN PKN KELAS IV SD N TANGKIL TENGAH KABUPATEN PEKALONGAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Observasi awal dalam pembelajaran PKn mengalami permasalahan dalam proses pembelajaran yang belum optimal, hal ini disebabkan kebiasaan guru yang masih mendominasi pembelajaran (teacher center), penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat yang berdampak pada hasil belajar siswa rata – rata 54,05 di bawah KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu penerapan model kooperatif tipe STAD dengan media audio visual pembelajaran PKn. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah model kooperatif tipe STAD dengan media audio visual pembelajaran PKn dapat meningkatkan keterampilan guru ; aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa Kelas IV SD N Tangkil Tengah Kabupaten Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn kelas IV SD N Tangkil Tengah kabupaten Pekalongan, tujuan khususnya adalah ; meningkatkan keterampilan guru ; meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD N Tangkil Tengah Kabupaten. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD N Tangkil tengah Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 12 kategori cukup, siklus II mendapat skor 15 kategori baik dan siklus III mendapat skor 17 kategori sangat baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapat skor rata-rata 14 dengan kategori cukup, siklus II mendapat skor rata-rata 16 dengan kategori baik dan siklus III mendapat skor rata-rata 18 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa kelas IV pada siklus I nilai rata-rata 60,5 dan persentase ketuntasan klasikal 52,63%, siklus II nilai rata-rata 67,38 dan persentase ketuntasan klasikal 66,66% dan siklus III nilai rata-rata 71,9 dan persentase ketuntasan klasikal 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan Media Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SD N Tangkil Tengah Kabupaten Pekalongan. Saran bagi guru adalah guru dapat menggunakan pembelajaran model koopertif Tipe STAD dengan media audio visual pembelajaran PKn sebagai alternatif sehingga kuailtas pembelajaran dapat meningkat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Model Kooperatif Tipe STAD, audio visual, PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2011 03:52
Last Modified: 25 Apr 2015 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9075

Actions (login required)

View Item View Item